Kegunaan Rem Tangan Pada Mobil Saat Tanjakan

Kegunaan Rem Tangan Pada Mobil Saat Tanjakan

Kegunaan Rem Tangan Pada Mobil Saat Tanjakan

Rem tangan pada mobil biasanya digunakan untuk menahan mobil agar tidak bergerak ketika diparkir. Namun fungsi rem tangan tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Ia juga bisa digunakan untuk membantu Anda dalam berkendara di jalanan yang menurun atau di jalan tanjakan dibandingkan hanya mengandalkan rem kaki saja. Jalan yang menanjak memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pengendara mobil bahkan yang sudah berpengalaman sekalipun.

Banyak teknik dan juga trik yang harus dilakukan ketika jalan menanjak demi keselamatan dan juga demi ketahanan mesin karena jalan menanjak seringkali membuat mesin mobil jadi kewalahan. Untuk mengetahui lebih banyak trik menggunakan rem tangan, berikut ini adalah fungsi rem tangan di jalan tanjakan menurut Bapak Endro Kiswanto selaku ‎Deputy General Manager Operational PT. CentrePark Citra Corpora.

·                     Trik aman berhenti di jalan tanjakan

Mungkin Anda pernah punya pengalaman terjebak macet di jalanan tanjakan ketika sedang musim liburan. Jika tidak ditahan dengan baik, mobil Anda bisa saja membahayakan kendaraan yang lain karena tertarik oleh gravitasi dan bisa memicu terjadinya kecelakaan beruntun. Menggunakan rem tangan untuk stop-and-go di jalanan tanjakan lebih disarankan ketimbanga hanya menggunakan rem kaki. Rem tangan bisa menghentikan perputaran roda hingga berhenti sama sekali sehingga resiko mobil menggelinding mundur lebih kecil. Terlalu banyak menggunakan rem kaki saat kondisi macet juga bisa membuat kampas rem mobil cepat aus.

·                     Cara menggunakan rem tangan di tanjakan

Langkah pertama untuk menghentikan laju kendaraan ketika di tanjakan adalah dengan menginjak rem kaki dan kopling secara bersamaan, kemudian setelah mobil berhenti gunakan rem tangan untuk mengunci pergerakan roda. Ketika sudah tiba waktunya untuk jalan, lepaskan rem tangan secara perlahan-lahan sambil melepaskan kopling juga secara perlahan. Gunakan kaki yang lainnya untuk menekan gas pelan-pelan untuk memajukan mobil, dan ulangi lagi langkah tersebut ketika harus berhenti lagi.

Cara ini memang agak merepotkan untuk dilakukan, bagi yang masih pemula mungkin akan sedikit kikuk ketika harus mengendalikan mobil di jalan tanjakan. Caranya agar mahir tentu saja dengan banyak berlatih, mulailah berlatih membawa mobil di jalan tanjakan yang lebih aman dan tidak terlalu ramai. Menggunakan rem tangan ketika macet di jalanan tanjakan akan lebih meringankan kaki Anda karena tidak harus selalu menginjakkan rem terus menerus.

Ketika jalan di tanjakan sebaiknya gunakan gigi satu dan dua saja karena posisi gigi ini bisa menahan beban mobil yang lebih berat dan memberikan kendali yang lebih baik untuk pengemudi. Menjaga posisi gigi di satu atau dua juga akan lebih baik untuk mobil ketika harus menggunakan rem tangan.