Jangan Panik Dulu, Ini 5 Cara Penanganan Mobil Jika Terendam Banjir

Jangan Panik Dulu, Ini 5 Cara Penanganan Mobil Jika Terendam Banjir

Jangan Panik Dulu, Ini 5 Cara Penanganan Mobil Jika Terendam Banjir

Curah hujan yang tinggi dengan intensitas panjang sering kali menyebabkan banjir di sejumlah wilayah. Selain merendam rumah, kendaraan pribadi pun turut terendam banjir. Mobil yang terendam banjir umumnya butuh perawatan lebih supaya kondisinya tidak menjadi parah. 

Alih-alih panik saat mendapati kendaraan terendam banjir, pemilik mobil perlu memahami langkah tepat dalam penanganan mobil jika terendam banjir. Bila dilakukan secara benar, cara-cara ini dapat meminimalkan kerusakan.

Penanganan Mobil Jika Terendam Banjir

Pemilik mobil bisa melakukan penanganan pertama pada mobil yang terendam banjir tanpa harus ke bengkel. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Lepaskan Kabel Aki dari Mobil dan Jangan Menyalakannya

Kabel aki berhubungan erat dengan komponen listrik pada mobil. Apalagi untuk mobil keluaran terbaru yang mempunyai sistem otomatis yang mengandalkan transmisi jaringan listrik. Untuk menghindari terjadinya korsleting, kabel aki harus dilepaskan. 

Jika ingin memindahkan mobil ke area yang lebih aman, sebaiknya jangan menyalakan mesinnya. Menyalakan mesin mobil yang terendam banjir juga bisa menyebabkan korsleting. Sebab itulah, sebaiknya pindahkan mobil dengan cara mendorongnya. 

  • Keringkan Bagian Pengapian dan Nonaktifkan Rem Tangan 

Komponen pengapian mobil terdiri dari busi, saringan udara, karburator, koil, alternator dan delco kabel. Komponen ini rentan mengalami kerusakan jika terendam banjir. Nah, supaya kerusakan tidak parah, segera keringkan perangkat pengapian tersebut dan periksalah kondisinya. 

Selain itu, nonaktifkan rem tangan saat banjir agar kanvasnya tidak lengket. Untuk menyiasati mobil agar tidak terseret arus, gantilah gigi mesin pada mobil transmisi manual ke gigi satu. Sementara untuk transmisi otomatis, pindahkan persneling menjadi mode parkir. 

  • Kuras Tangki Bensin serta Keringkan Panel dan Lampu

Saat terendam banjir, bensin sangat rentan tercampur dengan air. Oleh karena itu, segera kuras tangki bensin agar tidak mengganggu sistem pengapian mobil dan tangki tidak berkarat. Jika berkarat, tangki bensin bisa mengalami kebocoran dalam jangka panjang dan lebih mudah keropos. 

Yang tidak kalah penting, lakukan pemeriksaan pada bagian lampu mobil. Karena lampu merupakan salah satu bagian yang memiliki arus listrik, maka keringanan bagian terebut untuk menghindari korsleting.

  • Periksa Bagian Interior Mobil

Bagian interior juga butuh perhatian ekstra setelah mobil terendam banjir. Lakukanlah pemeriksaan pada interior mobil, seperti kursi, karpet, kendali, pintu, dan lain sebagainya. Pastikan bahwa tidak ada karat dan jamur yang menempel pada bagian interior mobil. 

  • Bawa Ke Bengkel Terpercaya

Terakhir, bawalah mobil ke bengkel terpercaya untuk pemeriksaan lebih lanjut. Peralatan di bengkel mobil jauh lebih lengkap, sehingga penanganannya pun lebih maksimal. Dengan begitu, kerusakan pada mobil dapat terdeteksi secara lebih akurat. 

Sebaiknya gunakan bantuan towing untuk membawa mobil dan pilihlah bengkel yang profesional.  Stay safe sobat CP!