Inilah 4 (Empat) Jenis Ban Mobil Yang Cocok Untuk Perjalanan Dalam Kota!

Inilah 4 (Empat) Jenis Ban Mobil Yang Cocok Untuk Perjalanan Dalam Kota!

Inilah 4 (Empat) Jenis Ban Mobil Yang Cocok Untuk Perjalanan Dalam Kota!

Sebagai salah satu komponen terpenting mobil, ban memegang peranan penting dalam kenyamanan dan keamanan berkendara. Jenis ban yang beredar pun relatif banyak, sehingga dapat disesuaikan dengan jenis mobil yang Anda miliki. Selain itu, memasang ban pada kendaraan yang sesuai dengan tipe kendaraan juga akan mempengaruhi performa kendaraan secara keseluruhan. Jika sampai salah pilih ban, tak menutup kemungkinan Anda tak bisa menikmati perjalanan secara optimal.

Maka dari itu, Bapak Fathony selaku Deputy General Manager Operational meminta Anda mengenal jenis-jenis ban. Berikut ban yang dapat Anda gunakan untuk perjalanan dalam kota.

  1. Kode P dan kode S

Kode P biasanya disematkan pada ban yang digunakan pada mobil penumpang berjenis SUV atau MPV. Sementara kode S memperlihatkan kecepatan ban yang bisa mencapai 180 kilometer per jam. Rasio ban pada jenis ini juga terbilang rendah, yakni di antara 50, 60, dan 65. Di sisi lain, ban ini sangat cocok untuk mobil yang dibawa bepergian sehari-hari dalam jangka waktu panjang.

  1. Tipe A/T (All Terrain)

Kemudian, ada juga ban tipe A/T yang memungkinkan mobil Anda menelusuri jenis jalan berkerikil, berair, atau di permukaan tanah. Meski demikian, Anda tidak bisa memanfaatkannya untuk kegiatan ekstrem seperti off-road karena bakal merusak ban maupun kendaraan. Ketika digunakan di jalan beraspal, ban ini terasa nyaman dan tidak akan menimbulkan suara keras seperti tipe M/T.

  1. Tipe M/T (Mud Terrain)

Mengikuti namanya, ban jenis ini memang tak bisa Anda bawa ke jalanan beraspal mengingat bentuknya sudah dirancang untuk medan off-road. Ban tipe M/T sangat tangguh ketika dibawa ke jalan-jalan yang berair, berlumpur, berpasir, hingga berbatu. Salah satu ciri khas yang dapat dikenali dari jenis ban ini adalah motif kotak-kotaknya yang menyerupai tahu.

  1. Tipe H/T (High Terrain)

Selanjutnya, ada ban tipe H/T yang umumnya disematkan pada kendaraan jenis MPV. Seperti halnya A/T, jenis ban yang satu ini bersahabat dengan jalanan beraspal dan mempunyai motif kembang halus. Jadi tak heran kalau sejumlah perusahaan otomotif yang memproduksi MPV mengandalkannya agar kendaraan mulus berjalan.

Selain keempat jenis ban di atas, Anda juga harus memperhatikan kode yang diberikan pada ban-ban tersebut. Seperti yang diutarakan, kode 195.55 R15 84 V, misalnya, mempunyai makna seperti angka 195 sebagai lebar penampang ban, 55 sebagai aspek rasio, dan R sebagai konstruksi ban radial. Sedangkan angka 84 adalah indeks beban dan V mewakili kecepatan dari ban tersebut.

Demikian informasi seputar jenis ban dan pengertiannya. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda yang hendak memilih tipe ban berdasarkan jenis mobil yang hendak dikendarai dan kebutuhan berkendara.