Ini Dia Konsep Paling Baru CentrePark Untuk Inovasi Area Parkir

Ini Dia Konsep Paling Baru CentrePark Untuk Inovasi Area Parkir

Ini Dia Konsep Paling Baru CentrePark Untuk Inovasi Area Parkir

PT. Centrepark Citra Corpora sebagai perusahaan nasional penyedia lahan parkir sangat memperhatikan persoalan tersedianya lahan parkir yang layak dan bisa mencukupi sebanding dengan jumlah kendaraan bermotor yang makin banyak setiap tahunnya.

Terutama untuk kota-kota besar di mana sebagian besar masyarakatnya memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk mobilisasi sementara panjang jalan yang tersedia tidak sebanding dengan pertumbuhan jumlah kendaraan, hal ini menyebabkan macet yang mengurangi produktivitas masyarakat kota karena waktunya habis di jalan.

Sebagai perusahaan manajemen lahan parkir, CentrePark berkomitmen untuk terus berinovasi dalam membangun desain lahan parkir yang lebih modern dan lebih efisien.

Membangun gedung parkir di area yang strategis

Sebelumnya CentrePark hanya bergerak di bidang usaha sebagai operator parkir, kini CentrePark sudah mulai merambah untuk membangun gedung parkir sendiri karena menurut Presdir PT CentrePark Citra Corpora, Bapak Charles R. Utomo, masih banyak lahan strategis yang mati tidak dikelola padahal potensinya sebagai tempat parkir cukup besar.

CentrePark membidik area lahan simpul-simpul transportasi masal atau Transit Oriented Development, membangun gedung parkir bertingkat di area pusat kegiatan masyarakat yang masih belum dimanfaatkan pemerintah, dan lahan-lahan lain yang strategis.

Untuk pembangunan gedung-gedung parkir tersebut menurut Bapak Charles masih dalam tahap negosiasi, sedangkan konsep yang ingin dikembangkan dalam konsep bisnis terbaru tersebut adalah kerjasama BOT (build, operate, transfer).

Pengembangan usaha melalui akuisisi

Sebagai perusahaan nasional, CentrePark makin berkembang dengan jumlah karyawan yang sudah lebih dari 5.000 orang dan sudah tersebar di 300an lokasi. Setiap tahunnya, CentrePark menargetkan penambahan 75 hingga 100 area parkir baru namun jumlah tersebut disesuaikan dengan perjalanan bisnis, tidak terlalu ambisius, kata Bapak Charles.

Salah satu usaha yang dilakukan CentrePark dalam ekspansi adalah dengan melakukan akuisisi perusahaan-perusahaan sejenis baik yang dari dalam negeri maupun perusahaan asing.

Perusahaan operator parkir yang bisa diakuisisi adalah perusahaan yang dinilai memiliki manfaat strategis, cocok dengan tujuan CentrePark, dan memiliki visi serta misi yang sejalan dengan CentrePark.

Inovasi teknologi untuk lahan parkir yang modern dan praktis

Kepuasan pengguna lahan parkir, keamanan dan rasa nyaman, serta kerjasama yang baik antara operator dengan pemilik lahan atau gedung adalah fokus utama dari CentrePark.

Salah satu bentuk wujud konsep baru untuk mempertahankan nilai tersebut adalah dengan menerapkan teknologi yang lebih canggih untuk lahan-lahan parkir yang strategis.

Seperti misalnya pemesanan lahan parkir, cara pembayaran non-tunai dengan sistem tap in dan tap out seperti di jalan tol, hingga pembayaran dengan teknologi digital misalnya menggunakan QR code.

CentrePark juga sudah merilis aplikasi pembayaran non-tunai bernama Parkee yang bisa memudahkan pengguna parkir membayar menggunakan fasilitas e-wallet terkenal dan terpercaya seperti LinkAja, Go Pay, dan Dana. Salah satu insentif yang diberikan kepada pengguna parkir CentrePark dan membayar menggunakan Parkee adalah cashback 50%.