Ini Dia 5 Tips Tepat Perawatan Mobil Di Musim Hujan

Ini Dia 5 Tips Tepat Perawatan Mobil Di Musim Hujan

Ini Dia 5 Tips Tepat Perawatan Mobil Di Musim Hujan

Meskipun terlihat sepele, cara parkir kendaraan ternyata dapat mempengaruhi kondisi mobil Anda. Pasalnya dengan menempatkan mobil di tempat yang teduh, tentunya kendaraan Anda pun akan terjaga dari teriknya panas matahari juga air hujan.

Apalagi saat ini memasuki musim hujan, sehingga mobil sering kali cepat kotor dan bahkan tanpa perawatan yang baik tentunya kondisi mesin mobil pun akan lebih cepat rusak.

Merujuk pada hal tersebut, bagi Anda yang ingin merawat mobil dengan lebih baik agar tidak cepat rusak dan kotor ketika hujan maka pastikanlah untuk mengikuti beberapa tips di bagian bawah ini :

1.       Parkir di tempat tertutup

Sesuai dengan yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi. Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika merawat mobil di musim hujan adalah menyimpannya dengan tepat. Dengan kata lain, pastikan untuk memarkirkan mobil di tempat yang tepat. Seperti halnya lahan parkir yang telah disediakan oleh perusahaan parkir.

2.       Periksa komponen mesin secara rutin

Mobil dikenal sebagai jenis kendaraan yang memiliki banyak celah, sehingga air hujan pun dapat masuk dengan lebih mudah. Karena itulah ketika musim hujan, pastikan untuk memeriksa mesin mobil secara berkala. Dengan demikian, Anda pun dapat memastikan bahwa mesin tersebut berada dalam kondisi baik.

3.       Hindari membiarkan air hujan hingga mengering

Selain dua tips di bagian atas tadi, pastikan pula untuk membersihkan mobil dengan segera seperti halnya yang dilakukan para pengelola parkir ketika ada kendaraan yang basah memasuki lahan parkirnya. Pasalnya selain merusak cat, kondisi air yang dibiarkan kering begitu saja juga dapat mengundang jamur untuk tumbuh dengan mudah pada bagian kaca.

4.       Mencegah jamur dengan menggunakan karpet

Memasuki bagian dalam mobil ketika musim hujan tentunya akan lebih mudah membuat bagian dalam mobil basah dan kotor. Dengan udara yang lembap, tentunya kotoran tersebut pun akan berubah menjadi jamur dan menjadikan bagian dalam mobil tersebut menjadi bau. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda menggunakan karpet di bagian dalam mobil agar posisi lantainya selalu berada dalam kondisi kering dan terhindar jamur.

5.       Gunakan cairan silikon

Langkah terakhir, Anda dapat menggunakan cairan silikon, baik itu pada bagian interior atau bahkan eksterior mobil. Cairan tersebut dikenal baik dalam merawat setiap bagian mobil menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi, Anda dapat melihat bahwa ada beberapa cara atau tips yang dapat dilakukan dengan mudah untuk menjaga kondisi mobil Anda agar tetap terawat meskipun memasuki musim hujan sekali pun. Selain itu, hal ini juga telah dipraktikkan oleh beberapa layanan pengelola parkir yang bekerja sama dengan jasa perawatan mobil di area parkir setempat.