Ini Dia 5 Tips Parkir Anti Maling di Tempat Ramai!

Ini Dia 5 Tips Parkir Anti Maling di Tempat Ramai!

Ini Dia 5 Tips Parkir Anti Maling di Tempat Ramai!

Ketika Anda akan memarkirkan kendaraan di tempat sepi, Anda barangkali langsung berpikir kalau tempat tersebut rawan maling. Akan tetapi, sadarkah Anda bahwa di tempat yang ramai sekalipun maling masih bisa dengan lihai beraksi?

Sebab, kejahatan memang tak lagi pandang waktu atau lokasi; begitu ada niat dan kesempatan, pelaku akan langsung menjalankan niat buruknya.

Karena itulah Anda perlu selalu waspada dan berhati-hati ketika memarkirkan kendaraan Anda, baik itu di tempat sepi, ramai, sampai di tempat parkir yang sudah diawasi satpam atau CCTV sekalipun.

Dengan begitu, risiko kendaraan Anda digasak maling jadi jauh lebih kecil. Untuk membantu Anda mengamankan kendaraan saat parkir, yuk simak tips dari Bapak Endro Kiswanto, General Manager Operasional CentrePark berikut ini :

1. Pastikan bahwa Anda selalu mematikan mesin dan mencabut kunci kontak setelah Anda parkir, kemudian kunci kendaraan Anda. Bahkan, jika Anda hanya sekadar ingin mampir ke warung atau swalayan yang letaknya pas di depan lokasi kendaraan Anda diparkir.

Meskipun hal ini bisa dibilang aturan pertama keamanan kendaraan, nyatanya masih banyak pemilik yang meremehkannya, lho! Apalagi bagi pengendara mobil, karena kunci kontak yang masih menempel berarti pintu mobil tidak terkunci. Hal ini jelas merupakan peluang emas di mata pencuri. Jika perlu tambahkan kunci setir untuk mengurungkan niat pencuri dan mempersulit prosedur pencurian mobil.

2. Begitu mematikan mesin setelah Anda selesai memarkirkan kendaraan, masukkan gigi persneling ke arah yang berlawanan dengan arah parkir kendaraan Anda. Misalnya, kalau Anda parkir dengan posisi moncong mobil ke arah luar, artinya masukkan gigi persneling mundur. Tujuannya adalah untuk mencegah agar mobil tidak mudah ditarik keluar. Dan untuk keamanan ekstra, aktifkan juga rem tangan.

3. Apabila diperlukan, cabut juga kabel busi kendaraan Anda, terutama jika Anda punya firasat buruk dan tidak yakin kalau kondisi kendaraan Anda akan aman selama diparkir, walaupun keperluan Anda hanya sebentar. Dengan begitu, mesin mobil Anda tidak akan menyala dan hal ini jelas bisa menghambat upaya pencuri untuk membawa kabur kendaraan Anda. Karena agar kendaraan bisa dibawa lari, pencuri perlu membuka kap mesin lebih dulu untuk menyambung kembali kabel businya.

4. Pasang alarm mobil. Salah satu keunggulan alat ini adalah akan berbunyi sebagai tanda peringatan apabila terjadi gangguan pada mobil. Banyak tanda yang biasa diberikan oleh alarm seperti ketika anda sedang memarkirkan mobil anda.

5. Bukan hanya pintu saja yang sudah terkunci, pastikan juga bahwa semua jendela sudah tertutup rapat. Karena sedikit saja ada celah, hal ini bisa jadi peluang besar bagi para pencuri. Kemudian, tambahkan ganjalan pada ban begitu Anda selesai memarkirkan kendaraan. Meskipun bukan tindakan besar, hal ini setidaknya bisa menghambat pekerjaan maling mobil.

Tips tambahan dapat juga anda memasang GPS, cara kerja dari alat pengaman ini adalah dengan mengirimkan data berupa koordinat dimana posisi mobil anda. Walaupun pencuri mobil bisa tetap masuk dan membawa kabur mobil anda, namun GPS di dalam mobil akan terus memancarkan sinyal ke satelit sehingga posisi mobil anda dapat ditemukan dengan mudah.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ya ke teman-teman yang membutuhkan.