Musim Hujan Tiba, Hindari Parkir Berteduh Sembarangan di Jalan

Musim Hujan Tiba, Hindari Parkir Berteduh Sembarangan di Jalan

Musim Hujan Tiba, Hindari Parkir Berteduh Sembarangan di Jalan

Tak sedikit pengendara motor yang nekat berteduh di bawah jembatan penyeberangan atau flyover di musim hujan. Padahal aksi ini cukup berbahaya termasuk membahayakan pengguna jalan lainnya.

Berteduh di Bawah Flyover Berbahaya dan Bisa Didenda

Aksi para bikers yang berteduh di bawah flyover ketika musim hujan ditengarai sebagai salah satu penyebab kemacetan. Hal ini tentu sangat merugikan pemakai jalan lainnya. Selain itu, berteduh di bawah flyover juga cukup beresiko bagi para bikers.

Ketika sedang berteduh di kolong jembatan penyeberangan, para bikers tersebut tidak mengetahui apabila ada kendaraan lainnya yang melintas dengan kecepatan tinggi. Apalagi bila pengendara motor tersebut berteduh di bawah flyover hingga ke tengah jalan. Bukannya menghindari baju yang basah akibat hujan, bisa-bisa bikers malah tersambar oleh kendaraan lain yang melaju kencang.

Di samping mengganggu keselamatan, berteduh di bawah flyover sehingga menyebabkan kemacetan juga dianggap mengganggu ketertiban lalu lintas. Para bikers berpotensi mendapatkan hukuman apabila melanggar ketertiban berlalu lintas.

Hukumannya bisa berupa sanksi pidana kurungan selama 1 bulan atau dikenai denda sebesar Rp. 250.000. Lalu, di mana saja tempat berteduh yang sebaiknya dihindari saat musim hujan?

Lokasi Berteduh yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan

Selain di bawah flyover, ada beberapa tempat lainnya yang sebaiknya dihindari terutama ketika hujan badai dan angin besar. Beberapa lokasi yang perlu dihindari tersebut adalah :

  • Tempat yang dekat dengan objek tinggi

Tempat berteduh yang tak dianjurkan ketika hujan adalah tempat yang dekat dengan objek-objek tinggi seperti baliho, tiang listrik dan pohon. Hujan yang disertai dengan angin kencang bisa menumbangkan objek-objek tersebut dan menimpa benda lain di sekitarnya. Hindari pula meninggalkan hewan peliharaan atau anak kecil di dalam kendaraan yang diparkir di sekitar objek tinggi ketika musim hujan.

  • Tempat yang tak stabil

Tempat berteduh seperti tempat parkir yang permukaannya kurang stabil ternyata cukup berbahaya. Contohnya seperti lahan tanah yang belum diaspal dan parkir di dekat tebing pasir atau tebing batu. Ketika terjadi hujan deras, lahan tanah tersebut bisa bergeser sehingga membahayakan kendaraan Anda.

  • Basement

Biasanya pemilik kendaraan akan memilih untuk berteduh di tempat parkir basement hingga hujan reda. Padahal tempat ini tak 100% aman dari bahaya hujan. Apabila hujan deras dengan debit air tinggi, area parkir basement menjadi tempat yang beresiko terendam banjir.

Kasus seperti ini sering terjadi di tempat parkir basement bangunan mall dan perkantoran. Lebih amannya, jauhi tempat berteduh atau tempat parkir yang permukaannya lebih rendah dari permukaan tanah.

Selain tempat-tempat di atas, Bapak Fathony juga menyarankan untuk menghindari tempat-tempat yang berpotensi mengganggu arus lalu lintas di sekitarnya. Lebih baik pilihlah tempat berteduh yang tak berdekatan langsung dengan jalan raya dan tak menghalangi arus lalu lintas. SAFETY FIRST!