Hindari Beberapa Lokasi Parkir Ini Saat Musim Hujan

Hindari Beberapa Lokasi Parkir Ini Saat Musim Hujan

Hindari Beberapa Lokasi Parkir Ini Saat Musim Hujan

Bagi Anda yang bepergian dengan menggunakan kendaraan bermotor, ketika tiba saat musim hujan ada baiknya untuk melakukan berbagai macam langkah antisipasi agar tidak terkena dampak bahaya yang disebabkan oleh musim hujan.

Salah satunya adalah waspada dengan tempat parkir yang bisa menimbulkan resiko untuk keselamatan kendaraan maupun keselamatan diri Anda sendiri dan penumpang.

Apalagi jika hujan disertai dengan badai dan angin yang besar plus kilatan petir yang menyambar-nyambar. Menurut Bapak Fathony selaku Deputy General Manager Operational berikut ini adalah lokasi-lokasi yang sebaiknya dihindari saat musim hujan.

  • Tempat yang bisa mengganggu lalu lintas

Terutama bagi pengendara sepeda motor, banyak yang menjadikan area di bawah jembatan, pinggiran toko, maupun tempat teduh lainnya sebagai tempat untuk berlindung dari hujan. Menurut Pak Fathony sah-sah saja Anda memilih pinggiran toko atau bangunan sebagai tempat berteduh tapi jangan sampai mengganggu arus lalu lintas di sekitarnya.

Pilihlah tempat berteduh yang tidak berdekatan langsung dengan jalan raya dan tidak digunakan orang sebagai akses lalu lintas. Peraturan hukum mengenai lalu lintas juga sudah memiliki aturan mengenai perilaku pengendara yang bisa mengganggu arus lalu lintas, termasuk parkir sembarangan saat hujan.

  • Tempat dengan objek yang tinggi

Tempat parkir selanjutnya yang tidak disarankan saat musim hujan adalah tempat parkir yang dekat dengan objek-objek tinggi, seperti misalnya tiang listrik, pohon, dan juga baliho.

Hal ini karena ketika hujan disertai angin yang besar bisa membuat objek-objek tinggi tersebut rubuh dan menimpa benda-benda di sekitarnya termasuk kendaraan Anda.

Meninggalkan anak kecil atau hewan peliharaan di dalam kendaraan yang diparkir di dekat objek tinggi saat musim hujan juga tentunya berbahaya karena tidak hanya bisa rugi secara materiil tapi juga bisa memakan korban jiwa. Oleh karena itu hindari tempat-tempat seperti itu ketika hujan ataupun sebelum hujan.

  • Parkir di basement

Selain menghindari tempat dengan banyak objek yang tinggi, lalu apakah pilihan terbaik ada di basement? Bapak Fathony berpendapat bahwa parkir di basement belum tentu 100% aman dari bahaya hujan.

Karena jika sedang hujan lebat dengan debit air yang tinggi, area basement beresiko terendam banjir yang dapat mengakibatkan kerusakan mesin kendaraan.

Kasus kendaraan yang tenggelam karena diparkir di basement saat hujan lebat dan banjir juga pernah terjadi. Prinsipnya hindari tempat parkir yang permukaannya lebih rendah dari permukaan tanah.

  • Tempat dengan permukaan yang tidak stabil

Tempat parkir lainnya yang sebaiknya dihindari adalah parkir di daerah yang permukaan tanahnya kurang stabil. Misalnya parkir di atas tanah yang belum diaspal, parkir di dekat tebing batu maupun tebing pasir. Karena ketika hujan deras, permukaan yang belum diaspal ini bisa bergeser dan mencelakai kendaraan Anda.

Yuk, sebagai persiapan memasuki musim penghujan sebaiknya kita lebih waspada dalam memilih area parkir. SAFETY FIRST !