Haruskah Mencuci Mobil Lagi Setelah Terkena Air Hujan?

Haruskah Mencuci Mobil Lagi Setelah Terkena Air Hujan?

Haruskah Mencuci Mobil Lagi Setelah Terkena Air Hujan?

Mencuci mobil adalah perawatan dasar yang wajib Anda lakukan secara rutin agar body mobil bebas dari kotoran dan minyak yang menempel. Jika tidak dibersihkan, lama kelamaan cat mobil akan pudar dan kusam, bahkan bisa juga menyebabkan mobil jadi berkarat.

Mencuci mobil secara rutin bisa Anda lakukan di tempat cuci mobil, namun sebenarnya yang paling bagus adalah mencuci sendiri. Karena kadang, di tempat pencucian mobil air yang digunakan belum tentu air bersih. Mencuci mobil sendiri pun artinya Anda memilih jenis sabun yang paling aman untuk mobil. 

Di musim hujan seperti sekarang Anda mungkin pernah mendengar anjuran untuk langsung membilas mobil yang basah setelah kena hujan. Adakah pengaruhnya? Bukankah terguyur air hujan sudah cukup untuk membersihkan mobil?

Berikut adalah penjelasan dari Bapak Ponyan selaku General Manager Operational (luar Jabodetabek) mengenai hal tersebut. 

  • Air hujan meninggalkan polutan 

Anda pernah mencuci mobil atau mencuci kaca/cermin dengan menggunakan air atau lap yang kotor, kemudian setelah kering terlihat ada bekas bercak pada permukaan? Hal yang sama akan terjadi apabila Anda tidak segera membersihkan air hujan dari permukaan body mobil.

Pasalnya, air hujan mengumpulkan berbagai macam polutan yang ada di udara kemudian jatuh mengguyur mobil. Air hujan yang sudah mengering akan meninggalkan bercak noda agak transparan yang sulit untuk dihilangkan dengan menggunakan cara cuci biasa. Makin lama dibiarkan, cat mobil bisa mengalami kerusakan yang lebih mahal biaya perbaikannya. 

  • Meningkatkan resiko karatan 

Partikel-partikel polutan yang dibawa oleh air hujan dan menempel pada mobil juga bisa memberikan kontribusi karatan, tidak hanya pada permukaan body saja namun juga bisa pada mesin. Air hujan yang kotor bisa masuk ke dalam sela-sela bagian mobil yang sempit dan membuat kotoran jadi mengendap di bagian mobil yang sulit untuk dijangkau.

Oleh karena itu ketika Anda mencuci mobil setelah mobil kena hujan, jangan melupakan bagian bawah mobil karena biasanya bagian bawah mobil terdapat banyak kotoran yang menempel akibat cipratan hujan. 

  • Mencuci mobil setelah hujan 

Meskipun menyebalkan, apalagi jika sebelum hujan sebenarnya Anda sudah mencuci mobil, namun penting untuk langsung mencuci mobil setelah diguyur hujan bahkan jika hanya gerimis sekalipun. Anda tentu tidak ingin mobil rusak karena tidak rajin membersihkan kotoran pada mobil, bukan?

Mencuci mobil setelah hujan sebaiknya menggunakan sabun yang tidak mengandung bahan kimia keras. Pertama, bilas dulu mobil menggunakan air bersih untuk menyingkirkan air hujan, kemudian sabuni mobil dengan sabun khusus agar kotoran dan minyak hilang tanpa ada sisa. Lap dengan menggunakan lap yang halus agar tidak menimbulkan gesekan kasar pada cat mobil. Jangan lupa juga untuk membilas bagian bawah mobil.