Dampak Pengelolaan Parkir Terhadap Kepuasan Pengunjung

Dampak Pengelolaan Parkir Terhadap Kepuasan Pengunjung

Dampak Pengelolaan Parkir Terhadap Kepuasan Pengunjung

Masalah parkir tentu adalah hal yang penting diperhatikan para pemilik properti. Di area perkotaan yang padat, properti gedung/mall/perkantoran dengan pengaturan parkir yang baik akan mendapatkan perhatian lebih dari publik. Sebagai contoh, mall yang memiliki manajemen parkir baik tentu akan lebih mengundang para pengunjung dibandingkan mall yang manajemen parkirnya berantakan.

Untuk mendapatkan pengelolaan parkir yang baik memang tidak mudah. Study soal penataan parkir tentu tidak hanya terbatas pada mall, property gedung besar lain seperti apartemen dan gedung kantor juga termasuk dalam hal ini. Jika Anda penasaran, seberapa besar peran pengaturan parkir ini terhadap keuntungan Anda sebagai pemilik properti gedung, mari bahas lebih dalam bersama di sini.

Pentingnya Pengelolaan Parkir Kendaraan Yang Efektif & Efisien

Hal ini paling jelas dicontohkan dengan gedung pusat perbelanjaan. Mari bayangkan kondisi parkir di mana pintu masuk dan keluar parkir hanya tersedia satu. Hal ini membuat antrean masuk dan keluar area parkir harus antre. Masalah antre ini terjadi karena desain awalnya tidak dipikirkan baik dan matang. Jadi semisal pemilik gedung menggunakan perusahaan parkir terpercaya, hasilnya pasti berbeda.

Mungkin saat pengunjung di hari biasa kemacetan akibat antre tidak begitu lama, tapi saat weekend ataupun hari libur, pengunjung pusat perbelanjaan ini bisa meningkat drastis. Akhirnya kejadian saling tunggu untuk keluar, masuk dan bahkan cari parkir makin memakan waktu.

Para pengunjung tentu akan terpengaruh kenyamanannya saat ini terjadi. Mereka ingin parkir cepat selesai agar bisa berbelanja. Saat masalah parkir menjadi penghalang, mereka tidak akan mengingat kenikmatan belanja di gedung pusat perbelanjaan itu, tapi hanya ingat jengkelnya mereka tidak bisa keluar parkir dengan cepat.

Jika kejadian ini berulang terus selama mengunjungi pusat perbelanjaan tersebut, para pengunjung yang malas datang pasti bertambah. Jika pusat perbelanjaan sepi pengunjung, tentu saja keuntungan yang dihasilkan juga bisa berkurang. Masalah ini tidak bisa selesai hanya dengan mengganti peralatan parkir saja, melainkan harus penataan ulang traffic flow parkir.  

Riset Mengenai Hubungan Keuntungan Property dengan Manajemen Parkir

Riset soal manajemen parkir di properti gedung sudah berjalan lama. Sayangnya data besaran efek pengaturan parkir dengan keuntungan yang dihasilkan tidak disebarkan oleh pihak yang bersangkutan. Bisa dibilang hal ini tergolong rahasia perusahaan. Jadi untuk memastikan pengaturan parkir gedung Anda baik, penggunaan jasa parkir berpengalaman bisa jadi solusi.

Tapi jika ingin bukti lebih kuat soal pengaruh parkir terhadap keuntungan, Anda bisa mengambil riset  berdasarkan pengaturan parkir dari pemerintahan kota.  Data dan riset parkir kota ini tersebar bebas di internet dalam bentuk skripsi dan juga riset pelajar. Walaupun konteks parkir di kota ini untuk merapikan kondisi kota, data survei tingkat ekonomi usaha di sekitar tempat parkir tersebut masih bisa dihitung.

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Parkir

Bagi Anda yang masih awam soal pengaturan parkir untuk memaksimalkan keuntungan, ada beberapa faktor penting yang berpengaruh berikut ini:

  • Tipe parkir yang digunakan

Faktor yang pertama adalah tipe parkir yang digunakan. Setiap gedung tentu bisa memiliki beberapa model parkir berbeda. Tipe yang dimaksud di sini meliputi model lahan luas di luar gedung, model parkir bawah tanah dan juga model parkir bertingkat.

  • Posisi pos parkir

Pos parkir yang dimaksud di sini adalah pintu masuk dan keluar parkir. Palang parkir yang ada di sini nantinya jadi gate untuk mengatur pembayaran, pembatasan gerak mobil yang keluar masuk serta sebagai pos pengaman. Pengaturan pintu keluar dan pintu masuk bisa berbeda tergantung bentuk mobil. Tapi yang jelas, tips yang paling umum untuk pintu parkir ini adalah pos keluar harus tersedia lebih banyak daripada pos masuk. Hal ini penting untuk menghindari kemacetan dalam area parkir.

  • Cara parkir

Cara parkir yang diaplikasikan pada gedung akan berpengaruh pada muatan kendaraan di dalamnya. Contoh, cara parkir paralel dengan jalan ataupun parkir miring menjorok ke jalan akan memakan space yang berbeda. Jadi sesuaikan pengaturan parkir gedung dengan cara parkir yang paling efektif dengan ukuran area parkir yang tersedia.

  • Jumlah petugas dan peralatan parkir

Untuk petugas, selain kasir parkir Anda juga membutuhkan petugas lain seperti petugas keamanan dan petugas parkir yang mengarahkan serta membantu pengunjung parkir juga penting. Di sisi lain, peralatan seperti cone, rambu, beton pembatas dan sejenisnya, juga penting untuk mengatur area parkir agar terorganisir dengan baik.

  • Pengaturan parkir dilakukan sendiri atau kerja sama dengan pihak lain

Bagi Anda pemilik gedung kantor, mall ataupun apartemen yang merasa kesulitan mengatur pengelolaan parkir sendiri, jangan ragu menggunakan jasa perusahaan parkir terpercaya, karena  akan membantu Anda mulai dari mendesain layout parkir, memilihkan staff sampai menjadi partner dalam mengelola parkir gedung Anda.

Bagi Anda pemilik properti ingin memaksimalkan lahan kosong, dapat menghubungi kantor pusat kami di no.telp 021 6329191 atau WA kami di +62 815 3337 3737 . Sukses selalu!