Cegah Penularan Covid-19, Ini 6 Bagian Mobil Yang Harus Rutin Dibersihkan

Cegah Penularan Covid-19, Ini 6 Bagian Mobil Yang Harus Rutin Dibersihkan

Cegah Penularan Covid-19, Ini 6 Bagian Mobil Yang Harus Rutin Dibersihkan

Di masa pandemi Covid-19 ini, segalanya membuat Anda harus selalu berhati-hati karena penularannya yang bisa dari mana saja. Begitu juga dengan mobil Anda yang wajib untuk dibersihkan. Mengingat mobil adalah kendaraan mobilisasi Anda keluar rumah dan mudah sekali untuk terpapar debu serta bakteri dan virus.

Bagian Mobil Mana Saja Yang Wajib Dibersihkan

Ketika Anda membawa mobil keluar rumah, baik untuk jalan-jalan maupun bekerja lalu Anda titipkan kepada pengelola parkir dan Anda kembali lagi ke rumah, maka bagian tertentu mobil bisa saja terpapar virus. Bagian tersebut adalah yang sering dipegang. Berikut adalah beberapa bagian di mobil yang wajib Anda bersihkan.

  1. Handle Pintu

Bagian handle pintu sudah pasti sering terjamah oleh tangan, terutama tangan Anda sendiri. Apalagi tangan Anda sebelumnya sudah memegang beragam benda  dan belum membersihkannya.

Handle pintu di bagian luar juga berpotensi besar untuk terkena virus. Oleh karena itu, rutinlah membersihkan handle pintu menggunakan air dan sabun, serta bisa juga menggunakan disinfektan.

  1. Stir Kemudi

Bagian stir juga menjadi paling sering dipegang oleh tangan Anda saat sedang mengemudi. Setelah kembali ke rumah, jangan lupa untuk membersihkannya dengan menggunakan disinfektan. Tidak ketinggalan, Anda juga perlu membersihkan tangan menggunakan air dan sabun atau handsanitizer.

  1. Tombol AC Dan Klakson

Untuk menyejukkan bagian dalam mobil, Anda tentu akan menghidupkan AC. Apalagi di saat pandemi ini, akan lebih baik jika tidak sering-sering membuka jendela, kecuali jika akan parkir mobil dan bertemu dengan pengelola parkir, maka Anda bisa membuka jendela. Dengan begitu, jangan ketinggalan untuk mengelap bagian tombol AC agar terbebas dari virus yang menempel.

Kemudian tombol klakson sebagai bagian mobil yang bisa menjadi tempatnya bakteri dan virus bersarang. Hal ini karena klakson sering kali Anda sentuh saat sedang menyetir. Oleh karena itu, setelah menggunakan mobil, jangan lupa untuk membersihkan bagian klakson dengan mengelapnya menggunakan cairan disinfektan.

  1. Tombol Kaca

Tombol ini menjadi salah satu bagian mobil yang sering disentuh. Di mana Anda sering kali membayar parkir atau membeli sesuatu, maka kaca mobil haruslah dibuka dan Anda harus menyentuh tombol kaca. Oleh karena itu, bagian ini juga harus rutin Anda bersihkan agar tidak ada virus yang menempel.

  1. Jok Mobil

Ketika Anda menggunakan mobil, otomatis jok mobil pasti akan tersentuh. Apalagi jika Anda baru saja makan di rumah makan yang kursinya digunakan oleh berbagai macam orang, maka bisa saja virus tersebut berpindah.

Untuk mengantisipasinya, setelah pulang bisa langsung membersihkan jok mobil dengan menyemprot menggunakan cairan pembunuh bakteri dan virus.

  1. Karpet Mobil

Karpet mobil tentu saja akan selalu tersentuh oleh sepatu atau sandal Anda. Sedangkan sebelumnya alas kaki tersebut sudah Anda gunakan di luar mobil dan menjadi tempat bersarangnya bakteri dan virus. Jadi, jangan lupa untuk mencuci karpet dan membersihkan bagian bawah mobil dari pasir yang ikut masuk.

Jadi, meski Anda keluar rumah menggunakan mobil yang tertutup, bukan berarti Anda terbebas dari virus Covid-19. Dari setiap aktivitas Anda dan kemudian masuk ke mobil, maka di saat itulah virus akan berpindah ke beberapa bagian di mobil Anda.

Oleh karena itu, lakukan pembersihan secara rutin untuk area-area touch point kendaraan Anda. #staysafe