Cashless Parking &
 Kelebihan Sistem Parkir Kekinian Tersebut

Cashless Parking &
 Kelebihan Sistem Parkir Kekinian Tersebut

Cashless Parking & Kelebihan Sistem Parkir Kekinian Tersebut

Kemajuan teknologi kian memudahkan Anda melakukan berbagai hal. Dari berbelanja, memilih transportasi publik, hingga memesan makanan. Belakangan bahkan ada e-toll yang kian mempercepat pembayaran saat Anda masuk dan keluar jalan tol.

Tak mau ketinggalan, sekarang tempat parkir pun memasang sistem kekinian, yakni “Cashless Parking”. Kira-kira, seefektif apa sistem tersebut bekerja saat diterapkan?

Parkir kendaraan lebih mudah di era digital

Ketika hendak menitipkan dan mengeluarkan kendaraan di tempat parkir, Anda sebagai pengendara mungkin dibuat kerepotan karena perlu menyiapkan uang pas. Karcis pun harus disimpan baik-baik, sebab kalau sampai hilang Anda wajib membayar ganti rugi. Akan tetapi, di era digital seperti sekarang semua kesulitan tersebut tak akan Anda hadapi lagi berkat kemunculan cashless parking.

Sesuai namanya, cashless parking tak mengharuskan Anda membayar memakai uang tunai. Pemilik kendaraan hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi. Kemudian, bayar tagihan dengan jumlah yang dikenakan pada Anda dengan dompet virtual. Menggunakan aplikasi tersebut sangat praktis sebab Anda tak perlu memegang uang pas atau menunggu kembalian.

Ada pun kelebihan-kelebihan yang ditawarkan sistem cashless parking, antara lain:

  1. Tak menyebabkan antrean. Ada kalanya pengendara harus menunggu cukup lama karena petugas parkir tak punya uang kecil untuk kembalian. Akibatnya, antrean di sekitar tempat parkir pun kian mengular dan kadang menyebabkan kemacetan di jalan keluar. Berbeda dengan cashless parking mengingat pembayaran hanya berlangsung selama beberapa detik saja;

  2. Bukti transaksi tersimpan rapi. Seperti bertransaksi dengan ATM, Anda juga akan mendapatkan bukti pembayaran dari cashless parking dalam format digital. Dengan kata lain Anda tidak perlu menyimpan sobekan karcis yang harus dijaga sampai keluar area parkir. Cukup perlihatkan saja bukti dari aplikasi tersebut;

  3. Kerjasama dengan berbagai bank. Sejumlah bank sudah menyediakan opsi pembayaran untuk cashless parking, sehingga Anda tak akan kesusahan saat transfer uang. Bentuknya pun beragam dari kartu khusus, aplikasi, hingga barcode pada ponsel pintar. Sangat mudah dan cepat, bukan?

  4. Lebih murah daripada parkir biasa. Kecanggihan yang ditawarkan cashless parking tak lantas membuat tagihan parkir naik. Justru kepraktisannya yang membuat ongkos parkir lebih murah dari versi biasa. Di sisi lain, Anda tetap perlu memperhatikan tarif yang dipasang setiap tempat untuk menghindari kesalahan;

  5. Mendapatkan banyak promo menarik. Karena bermitra dengan bank dan pengembang dompet virtual, ada kalanya Anda akan memperoleh promo menarik dari aplikasi cashless parking. Baik dalam bentuk potongan harga hingga paket tertentu. Manfaatkan setiap promo yang ditawarkan sesuai kebutuhan.

Bagaimana, apa Anda masih ragu menggunakan sistem cashless parking? Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda seputar teknologi ini!