Cara Tepat Cegah Karat Dan Menghilangkan Karat Di Bagian Kolong Mobil

Cara Tepat Cegah Karat Dan Menghilangkan Karat Di Bagian Kolong Mobil

Cara Tepat Cegah Karat Dan Menghilangkan Karat Di Bagian Kolong Mobil

Jika Anda menggunakan layanan jasa parkir untuk memarkirkan mobil Anda, maka sudah dapat dipastikan mobil Anda pun akan terparkir dii tempat terbaik dengan kondisi yang lebih aman dari terik matahari juga guyuran air hujan.

Seperti yang Anda ketahui, memasuki musim hujan, pencarian lahan parkir menjadi bagian penting yang harus Anda perhatikan. Karena jika hal tersebut Anda abaikan, maka mobil Anda pun tentunya akan membutuhkan perawatan ekstra, khususnya untuk jadwal membersihkan mobil menjadi lebih sering.

Saat dibersihkan, biasanya ada bagian mobil yang sulit untuk dibersihkan yaitu bagian kolong. Selain sulit dijangkau, bagian tersebut juga jarang terlihat, sehingga banyak pengguna dan bahkan pemilik mobil yang mengira bahwa bagian kolong mobil baik-baik saja. Padahal bagian tersebut justru banyak menyimpan kotoran yang bahkan sulit untuk dibersihkan.

Untuk mempermudah Anda dalam membersihkan bagian tersebut, ada baiknya jika Anda mengikuti beberapa tips di bagian bawah ini :

1.       Mencuci dengan menggunakan hidrolik

Pencegahan pertama yang dapat Anda lakukan agar bagian bawah mobil dapat terjaga dengan aman adalah membersihkannya dengan menggunakan hidrolik. Cara yang satu ini terbilang efektif untuk dilakukan.

Karena selain menjadikan mobil Anda jauh lebih bersih, dengan sistem hidrolik tersebut Anda juga dapat mengetahui apakah terdapat karat di bagian bawah mobil tersebut atau justru tidak. Namun mencuci dengan hidrolik seperti halnya yang juga sering kali ditawarkan di layanan perusahaan parkir terkadang hadir dengan beberapa kekurangan. Kekurangan tersebut muncul pada segi penawaran harganya lebih tinggi.

2.       Cuci steam

Selain mencuci bagian bawah mobil dengan hidrolik, Anda juga dapat memanfaatkan cuci steam. Cara yang satu ini dapat memudahkan Anda dalam mencuci bersih mobil dari kotoran seperti halnya lumpur, tanah dan juga berbagai macam kotoran akibat dari musim hujan. Namun setelah dicuci hingga bersih dengan menggunakan steam itu tadi, pastikan untuk melakukan undercoat sehingga bagian bawah mobil pun tidak mudah karatan.

Selain dua cara pencegahan di bagian atas tadi, ada pula cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan karat pada bagian bawah mobil didukung dengan sistem parkir yang tepat, di antaranya :

1.       Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mengampelas bagian tersebut. Setelah itu berilah cairan anti karat dan kemudian bawa mobil ke tukang body repair agar bagian tersebut dapat diperbaiki dengan lebih baik.

2.       Jika Anda tidak menggunakan cara di atas, maka Anda pun dapat memanfaatkan keberadaan cairan cuka, namun sebelum membersihkan karat pada bagian kolong mobil dengan cuka, pastikan untuk menggunakan lap serta sikat khusus. Sementara itu, jika bagian mobil yang terkena karat dapat dibongkar, maka cobalah untuk membongkarnya terlebih dahulu dan rendamlah bagian tersebut dengan cairan cuka selama 1-2 hari.

3.       Selain beberapa cara di bagian atas tadi, Anda juga dapat menggunakan baking soda. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan menyikat atau bahkan menggunakan lap yang telah direndam terlebih dahulu pada cairan baking soda sebelum akhirnya digunakan untuk membersihkan bagian kolong mobil yang berkarat.

Jika anda tidak yakin dengan penanganan tersebut, sebaiknya serahkan kepada ahli perawatan mobil di bengkel terdekat. Semoga bermanfaat.