Cara Mudah Mencari Tempat Parkir Di Area Wisata Saat Lebaran

Cara Mudah Mencari Tempat Parkir Di Area Wisata Saat Lebaran

Cara Mudah Mencari Tempat Parkir Di Area Wisata Saat Lebaran

Ketika datang hari lebaran bagi umat muslim di seluruh dunia, tidak hanya dimaknai sebagai tanda berakhirnya bulan Ramadhan dan merayakan kemenangan.

Saat lebaran adalah saatnya liburan sehingga tidak heran jika berbagai macam tempat wisata yang ada di Indonesia akan penuh sesak dengan masyarakat yang ingin liburan, mungkin juga termasuk Anda.

Masalahnya, biasanya tidak mudah mencari tempat parkir yang nyaman untuk kendaraan ditempat parkir objek wisata yang ramai saat musim lebaran.

Menurut Bapak Endro Kiswanto selaku General Manager Operational (Jabodetabek), berikut triknya cari tempat parkir di tempat wisata yang ramai.

  • Jangan terpaku dengan area dekat pintu masuk

Area parkir dekat pintu masuk hampir bisa dipastikan sudah penuh dengan kendaraan. Anda tidak perlu buang waktu untuk mencari tempat parkir di area dekat pintu masuk dan sebaiknya mencari tempat yang kosong di area lain.

Untuk masuk ke tempat wisata dari tempat parkir memang harus jalan sedikit tapi setidaknya Anda bisa dapat tempat parkir yang nyaman dan lebih lowong dibandingkan area pintu masuk yang sudah padat. 

  • Menunggu ada yang kosong

Pak Endro menyarankan untuk memilih baris parkir tertentu kemudian  menunggu ada pengunjung tempat wisata yang sudah selesai dan mengeluarkan kendaraannya.

Trik ini akan meningkatkan kemungkinan Anda dapat tempat parkir dibandingkan mondar mandir cari tempat parkir yang kosong.

Pilih baris tempat parkir yang dekat dengan pintu masuk karena biasanya mereka yang parkir di situ adalah mereka yang datang duluan sehingga kemungkinan mereka pun akan keluar duluan.

  • Parkir paralel tanpa dikunci

Jika tidak kunjung mendapatkan tempat parkir, Anda bisa memarkir kendaraan secara paralel di depan atau belakang kendaraan yang sudah terparkir.

Setelah diparkir, jangan aktifkan rem tangan agar mobil bisa didorong-dorong jika ada mobil lain yang tertutup ingin keluar dari tempat parkir.

Dengan demikian Anda bisa memarkir kendaraan tanpa mengganggu kendaraan yang lain, biasanya petugas parkir di lapangan juga akan mengarahkan kendaraan yang tidak dapat tempat parkir untuk parkir paralel tanpa dikunci rem tangannya. 

  • Tetap jaga keselamatan

Tempat parkir yang ramai biasanya juga ramai dengan orang baik yang baru keluar dari mobil, ingin masuk ke mobil, berjalan menuju ke pintu masuk, orang jualan, dan sebagainya.

Oleh karena itu ketika Anda mencari tempat parkir di tempat wisata yang ramai pastikan tetap memperhatikan prinsip-prinsip safe driving.

Etika berkendara di tempat parkir menurut Pak Endro antara lain adalah batas kecepatan tidak lebih dari 20 km/jam, perhatikan kendaraan terparkir kanan kiri kalau-kalau ada yang sedang ingin keluar, waspada dengan anak kecil yang tiba-tiba bisa berada di depan kendaraan Anda, hindari menggunakan klakson jika tidak perlu.

Semoga bermanfaat dan selamat liburan 🙂