Cara Mudah Keluar Parkir Mundur Untuk Pengemudi Pemula

Cara Mudah Keluar Parkir Mundur Untuk Pengemudi Pemula

Cara Mudah Keluar Parkir Mundur Untuk Pengemudi Pemula

Untuk pengemudi pemula, seringkali teknik parkir yang dilakukan adalah dengan memasukkan  hidung mobil masuk ke bagian dalam tempat parkir. Dengan kata lain ketika ingin keluar dari tempat parkir maka harus dilakukan secara mundur.

Teknik ini memang yang paling mudah dilakukan namun untuk keluar dari tempat parkir dengan cara mundur harus lebih waspada dibandingkan dengan yang mundurnya saat parkir sehingga keluar dari tempat parkir tinggal maju dan belok saja.

Selain pengemudi pemula, parkir maju juga biasanya dipilih saat sedang terburu-buru sehingga tidak ada waktu untuk dengan lebih hati-hati parkir mundur. Apapun alasannya, berikut adalah tips cara keluar parkir mundur untuk pengemudi pemula.

  • Cek bagian belakang mobil

Pertama kali yang harus dilakukan adalah cek bagian belakang mobil Anda. Banyak pengemudi yang tidak sadar jika di belakang mobilnya ternyata ada barang, biasanya trolley dari supermarket yang ditinggal di tempat parkir, apalagi jika pengemudi datang dari bagian depan mobil sehingga trolley tidak terlihat dari depan.

Selalu cek bagian belakang mobil Anda dan singkirkan jika ada barang yang menghalangi jalan.

  • Cek lalu lintas di belakang mobil

Selain mengecek barang, lalu lintas kendaraan yang melintas di belakang mobil juga harus diperhatikan. Jika sedang ada kendaraan yang melintas biarkan ia melintas dulu baru Anda mulai keluarkan mobil pelan-pelan dengan memposisikan perseneling ke R.

Anda juga bisa minta bantuan pada penumpang lain terutama yang duduk di kursi belakang untuk melihat apakah posisi mobil aman untuk mengeluarkan diri secara mundur.

  • Keluar parkir dengan cara mundur

Pada posisi perseneling di R, tekan gas secara perlahan-lahan. Kemudian belokkan kemudi ke arah yang berlawanan dengan arah keluar ketika mobil Anda sepertiganya sudah keluar dari tempat parkir. Waspada dengan mobil di kanan kiri Anda, manfaatkan kaca spion dan juga bagian hidung mobil agar tidak membentur kendaraan yang lainnya.

Ketika mobil sudah berada sepenuhnya di jalur lalu lintas area parkir, Anda bisa memposisikan kemudi untuk keluar dari area parkir. Tidak perlu terburu-buru lebih baik lakukan dengan perlahan ketimbang menyebabkan kerugian karena tergesa-gesa dan panik.

  • Meminta Bantuan

Tingkat visibilitas pengemudi dalam berkendara mundur terbatas dengan kaca spion dan memiliki cukup banyak blind spot.

Jika belum mahir ada baiknya untuk minta bantuan kepada petugas penjaga parkir, atau petugas parkir, atau bahkan penumpang Anda sendiri untuk membantu mengarahkan mobil keluar dari tempat parkir secara mundur yang lebih aman.

Yang membantu Anda akan lebih mudah dalam melihat kondisi di sekitar mobil sehingga bisa memberikan arahan harus mundur seberapa banyak, seberapa banyak harus belok, menghentikan kendaraan yang ingin lewat, dan sebagainya.