Cara Mudah Estimasi Jarak Parkir Mobil Di Garasi Rumah

Cara Mudah Estimasi Jarak Parkir Mobil Di Garasi Rumah

Cara Mudah Estimasi Jarak Parkir Mobil Di Garasi Rumah

Pernahkah Anda mengalami kejadian mobil yang tergores tembok garasi karena Anda kurang cermat dalam memperkirakan jarak mobil dengan tembok di garasi?

Biasanya yang dijadikan patokan untuk mengukur jarak antara mobil dengan tembok adalah dengan melihat bagian kap mobil jika parkir maju, atau dengan melihat ke kaca spion jika parkir mundur.

Tapi desain mobil saat ini kebanyakan memiliki desain kap mobil yang lebih landai sehingga agak sulit dilihat dari kursi pengemudi karena tujuannya adalah memberikan visibilitas yang lebih luas bagi pengemudi ketika berkendara di jalan.

Bagi yang punya budget lebih Anda bisa membeli mobil dengan fitur yang memiliki alat sensor parkir di mana fitur ini bisa memberikan peringatan pada pengemudi jika jaraknya terlalu dekat dengan objek yang bisa menyebabkan benturan. Dengan fitur ini parkir pun jadi makin mudah dan aman.

Tapi tentu tidak semua mobil dilengkapi dengan fitur canggih ini. Lalu bagaimana caranya agar bisa memperkirakan jarak antara mobil dengan tembok di garasi agar cat mobil Anda tidak banyak lecetnya?

  • Membuat tanda parkir sendiri

Tanda parkir adalah tanda yang bisa jadi patokan untuk menghentikan mobil ketika ban sudah berada dekat dengan tanda tersebut.

Di tempat parkir komersial biasanya tanda parkir ini dibuat dengan membuat gundukan dari semen atau dengan memasang pipa panjang berwarna kuning dengan jarak beberapa sentimeter dari tembok. Anda pun bisa membuatnya sendiri di garasi rumah.

Caranya adalah ukur jarak antara bagian luar ban dengan bagian belakang atau depan mobil, kemudian tambahkan dengan jarak yang Anda inginkan antara tembok dengan mobil. Setelah dapat angkanya, ukur angka tersebut dari tembok garasi kemudian tandai dengan tanda parkir.

Membuat tanda parkir sendiri bisa dengan menggambar garis di lantai garasi dengan cat berwarna kuning atau warna terang menyala lainnya, bisa juga dengan memasang kayu, atau bahan-bahan lainnya yang ada di rumah Anda.

Nanti ketika parkir, lihat posisi tanda parkir tersebut dari kaca spion Anda untuk menghentikan laju mobil sehingga jarak antara tembok garasi dengan mobil bisa lebih aman.

  • Sesuaikan dengan isi garasi

Garasi kerap kali digunakan pula sebagai ruang penyimpanan. Jika Anda menaruh banyak barang di garasi Anda maka jarak antara mobil dengan barang-barang yang disimpan di garasi pun harus jadi pertimbangan.

Garasi yang terlalu padat akan menyulitkan Anda untuk parkir dan memberikan resiko kerusakan pada mobil. Satu mobil setidaknya membutuhkan ruang p x l = 6,2 meter x 2,4 meter, maka jika Anda ingin menaruh barang-barang di garasi, sediakan ruang yang cukup bagi mobil untuk bisa diparkir dengan aman dengan ukuran minimal tersebut.

Tanda parkir pun bisa dibuat berdasarkan dengan jarak antara barang yang ada di garasi dengan bagian belakang/depan mobil.