Cara Cermat Memilih Ban Mobil Berdasarkan Kembangnya

Cara Cermat Memilih Ban Mobil Berdasarkan Kembangnya

Cara Cermat Memilih Ban Mobil Berdasarkan Kembangnya

Ketika Anda beli mobil baru, ban mobil memang sudah termasuk perangkat mobil yang terpasang pada mobil Anda. Tetapi jika suatu hari nanti Anda ingin ganti ban, atau mengganti ban yang sudah aus, atau ingin memiliki ban cadangan jika terjadi sesuatu di jalan, tahukah Anda mana jenis ban yang paling pas untuk mobil Anda?

Memilih jenis ban bisa dilihat berdasarkan dengan kembang atau alurnya, beda alur maka biasanya ban akan memiliki traksi yang berbeda. Berdasarkan rekomendasi dari Bapak Endro Kiswanto selaku General Manager Operational (Jabodetabek), berikut adalah beberapa macam jenis kembang mobil.

  • Kembang bentuk RIB

Jika Anda menggunakan kendaraan jenis MVP, atau menggunakan kendaraan niaga, maka ban dengan model kembang RIB adalah yang tepat. Kembang yang alurnya berada di sekeliling ban ini membuat mobil jadi lebih stabil untuk melaju di arah lurus. Ia juga tidak cepat panas karena gesekan dengan aspal tergolong rendah dan bisa digunakan untuk kecepatan tinggi.  Meski begitu ban dengan kembang RIB tidak baik untuk sering-sering mengerem mendadak atau menikung terlalu tajam.

  • Kembang bentuk LUG

Kembang dengan bentuk alur menyudut ke sebelah kanan ban ini lebih cocok untuk ban belakang truk atau bus dan digunakan pada medan yang lebih berat dan belum diaspal. Ia bisa memberikan keseimbangan yang lebih baik ketika mengerem dan menikung, dan memiliki daya cengkram yang tinggi, namun kurang nyaman digunakan untuk berkendara di kecepatan tinggi.

  • Kembang bentuk RIB-LUG

Kembang ini menggabungkan antara alur RIB dengan LUG sehingga pada bagian pinggir dan  tengahnya terdapat alur sehingga bisa lebih nyaman untuk memacu kendaraan di jalan yang lurus,  namun juga bisa memberikan pengereman yang lebih bagus dan stabil saat di tikungan. Tipe ban ini lebih banyak digunakan pada kendaraan muatan barang atau penumpang seperti misalnya truk dan juga bus-bus.

  • Kembang bentuk BLOCK

Di Eropa, ban dengan bentuk alur BLOCK sangat umum digunakan pada kendaraan pribadi maupun kendaraan umum terutama saat musim hujan dan musim salju. Alur atau kembangnya yang berbentuk horizontal dan vertikal memberikan kekuatan cengkraman yang lebih baik pada ban sehingga mobil bisa dikendalikan lebih baik saat melaju di jalan yang basah dan licin. Meski begitu, ban ini umumnya tidak memiliki usia yang lama dan cepat aus sehingga hanya digunakan pada musim-musim atau saat kondisi jalan tertentu saja.

  • Kembang bentuk menyilang

Untuk berkendara di musim hujan seperti sekarang Anda bisa menggunakan ban dengan kembang yang bentuknya menyilang. Ban ini mudah dikenali karena alurnya yang saling silang sehingga menimbulkan traksi yang lebih baik. Dengan begitu jenis ban ini baik untuk digunakan saat kondisi jalan basah, dan memiliki kemampuan pengereman yang lebih baik.