Cara Cerdas dan Tepat Pilih Asuransi Mobil

Cara Cerdas dan Tepat Pilih Asuransi Mobil

Ketika berniat melindungi kendaraan Anda dengan asuransi, ada banyak hal yang harus dicermati dan dipertimbangkan terlebih dahulu agar pemilihan asuransi mobil terasa tepat guna.

Berikut adalah beberapa aspek yang bisa menjadi patokan sebelum memutuskan pemilihan asuransi mobil yang sesuai budget Anda.

Tipe perlindungan

Sampai saat ini ada dua jenis tipe perlindungan asuransi kendaraan yang bisa dicoba. Tipe tersebut adalah all risk dan TLO (total loss only). Perbedaan keduanya terletak pada hal-hal berikut.

  1. Perlindungan pada tipe all risk bisa diberikan untuk segala jenis kerusakan dan resiko kehilangan yang terjadi pada mobil, sedangkan TLO hanya akan melindungi kerusakan tertentu dengan nilai maksimal 75% dihitung dari taksiran harga mobil.
  2. Sistem klaim TLO umumnya lebih lama dan terbatas jika dibandingkan dengan sistem all risk.
  3. Harga premi yang dibayar untuk sistem TLO lebih terjangkau jika dibandingkan dengan sistem all risk.

Fitur asuransi

Saat Anda ingin mendaftar asuransi kendaraan, pastikan dulu fitur asuransi yang ada di lembaga asuransi yang bersangkutan. Umumnya fitur asuransi berhubungan dengan total bengkel yang diajak bekerjasama dengan lembaga asuransi. Makin banyak bengkel yang diajak kerjasama, umumnya fitur yang ditawarkan juga lebih lengkap. Beberapa contoh fitur asuransi kendaraan, yaitu:

  1. Gratis derek ke bengkel,
  2. Gratis penggantian sparepart maupun perawatan berkala,
  3. Penggantian mobil dengan mobil yang serupa saat mobil hilang karena pencurian atau terbakar.

Syarat daftar

Kelengkapan syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar asuransi juga perlu dipertimbangkan agar pada saat klaim asuransi, prosedur yang dijalankan bisa berlangsung aman dan cepat. Umumnya syarat pendaftaran asuransi wajib menyertakan beberapa dokumen, seperti:

  1. Dokumen pembelian mobil disertai informasi nomer polisi, rangka, dan nomer mesin mobil
  2. KTP Anda sebagai pemilik mobil
  3. Foto terbaru mobil yang diambil dari beragam sisi, baik eksterior maupun interior.
  4. Dokumen stnk dan bpkb saat pengisian formulir
  5. Formulir yang dilengkapi isian tentang tahun kendaraan, merek, jenis, dan tipe.

Premi asuransi

Ketika Anda ingin ikut serta dalam program asuransi, pastikan dulu sistem pembayaran premi asuransi kendaraan yang biasanya didebet per bulan. Untuk masalah premi ini, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti:

  1. Nominal premi yang harus dibayar per bulan
  2. Tanggal jatuh tempo pembayaran premi
  3. Sistem bayar premi yang biasanya bisa dipilih dengan menggunakan kartu kredit, debet rekening, maupun sistem pembayaran cash langsung di kantor cabang lembaga asuransi.

Sistem klaim

Sistem klaim yang diterapkan oleh lembaga asuransi pilihan Anda juga perlu dipertimbangkan agar proses klaim bisa dilakukan cepat. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan tentang prosedur telpon saat kejadian yang sesuai dengan klausul asuransi terjadi maupun prosedur pencairan dana asuransi untuk kriteria tertentu.