Bukan Sekadar Menahan Kepala Anda, Ini 4 Fungsi Headrest Mobil!

Bukan Sekadar Menahan Kepala Anda, Ini 4 Fungsi Headrest Mobil!

Bukan Sekadar Menahan Kepala Anda, Ini 4 Fungsi Headrest Mobil!

Ketika memutuskan membeli mobil, Anda tentunya bakal mempelajari setiap komponen pada eksterior maupun interiornya. Jok atau kursi menjadi salah satu bagian penting kendaraan yang menentukan kenyamanan dan keselamatan berkendara. Maka dari itu, setiap produsen otomotif memastikan jok yang mereka rancang tak membahayakan pengemudi, termasuk menempatkan headrest di bagian atasnya.

Mengenal fungsi-fungsi headrest

Keberadaan headrest atau head restraint pada jok mobil kadang luput dari perhatian. Beberapa pemilik kendaraan biasanya lebih fokus memeriksa sabuk pengaman atau bahan jok untuk memastikan kenyamanan membawa mobil. Faktanya, headrest mempunyai fungsi-fungsi seperti:

  1. Sebagai sandaran kepala

Fungsi umum yang bisa langsung Anda rasakan dari headrest adalah untuk menyandarkan kepala. Terutama saat Anda melakukan perjalanan jauh yang mengharuskan postur tubuh tegak lurus dalam hitungan jam. Kemudian, Anda juga bisa menjadikannya sebagai penyangga bantal saat beristirahat dan tidur di rest area dengan membaringkan posisi jok mobil. Hal ini membuat Anda tak cepat pegal atau lelah di perjalanan.

  1. Menahan kepala saat kecelakaan

Setiap pengendara tak akan bisa lepas dari risiko kecelakaan lalu lintas. Namun, Anda masih bisa mengurangi dampak dari peristiwa tersebut dengan mengandalkan headrest. Mengapa? Headrest akan menahan kepala Anda yang terayun keras akibat benturan, sehingga dapat dikembalikan ke posisi semula. Sementara kalau jok tak dilengkapi headrest, risiko Anda mengalami cedera tulang hingga kematian akibat kecelakaan akan jauh lebih besar.

  1. Alat bantu darurat

Lebih dari sekadar penahan kepala, headrest dapat Anda jadikan sebagai alat bantu saat menghadapi situasi darurat. Sebagai contoh, ketika Anda mengalami kecelakaan, kebakaran, maupun tenggelam, besi pada headrest dapat digunakan untuk memecahkan kaca jendela mobil. Sebagian besar produsen sudah memudahkan pelepasannya dengan menyediakan sebuah tombol kecil yang berada di sekitar pangkal headrest.

  1. Tempat untuk fitur hiburan

Fungsi terakhir headrest adalah untuk menempatkan fitur hiburan seperti televisi kecil atau layar sentuh untuk bermain. Fitur-fitur tersebut biasanya diletakkan di bagian belakang headrest untuk memudahkan penumpang mengaksesnya. Posisi ini juga dianggap lebih nyaman, karena Anda tak harus mendongak saat menyaksikan tayangan favorit atau bermain gim. Jadi, Anda juga akan lebih fokus menyetir karena penumpang lain tak bosan selama di perjalanan.

Kendati produsen sudah mengatur posisi headrest sedemikian rupa, Anda disarankan mengubahnya sesuai postur tubuh. Posisi headrest yang ideal adalah sejajar dengan telinga. Kalau terlalu atas atau bawah, headrest tak akan berfungsi optimal. Pemakaian aksesori pun kurang direkomendasikan karena berpeluang menghambat kinerja headrest. Ikuti juga prosedur saat mengubah posisinya.

Setelah membaca artikel ini, Anda dapat memaksimalkan headrest untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara. Semoga perjalanan Anda lancar!