Bikin Gemas! 5 Tipe Petugas Parkir yang Sering Kamu Jumpai

Bikin Gemas! 5 Tipe Petugas Parkir yang Sering Kamu Jumpai

Bikin Gemas! 5 Tipe Petugas Parkir yang Sering Kamu Jumpai

Pernah gak kamu pas parkir kendaraan masuk gak ada petugas parkirnya, eh tapi pas mo keluar parkir tiba-tiba disamperin petugas parkir…prit…. Pastinya gemas dengan tipe petugas parkir seperti ini. Selain petugas parkir misterius tadi, pasti kamu pernah menemui berbagai macam petugas parkir dengan karakteristik masing-masing. Ada pula petugas parkir yang tidak terlihat seperti petugas parkir.

Walaupun di depan sebuah minimarket sudah ada tulisan yang memberitahukan parkir gratis, tetapi masih saja ada orang yang berjaga-jaga di depan untuk meminta jasa parkir kepada pengunjung meskipun lahan parkir tersebut sebenarnya bukan miliknya.

Di situasi seperti ini, Anda biasanya akan merasa kesal bercampur iba apalagi jika petugas parkir tersebut sudah berusia tua. Ya sudahlah….

Berikut ini adalah beberapa tipe petugas parkir yang sering dijumpai di berbagai tempat.

  • Petugas Parkir Resmi

Petugas parkir resmi biasanya memakai seragam resmi seperti operator parkir. Untuk operator yang membantu parkir biasanya selalu membawa peluit untuk memandu pengemudi parkir dan memberikan karcis sebagai bukti penggunaan lahan parkir.

Petugas ini akan berjaga-jaga di area parkir dan bertanggung jawab terhadap kendaraan yang diparkirkan di areanya. Adanya petugas parkir resmi membuat pemilik kendaraan merasa lebih aman saat memarkirkan kendaraan walaupun dalam waktu lama.

  • Petugas Parkir Misterius

Petugas parkir yang satu ini biasanya sering muncul di depan toko atau minimarket yang ada di pinggir jalan. Ketika Anda memarkirkan mobil, petugas parkir tersebut biasanya sama sekali tidak nampak keberadaannya. Tetapi ketika Anda sudah selesai belanja dan keluar dari toko, petugas parkir tersebut tiba-tiba muncul entah dari mana dan memberikan aba-aba peluit untuk membantu pengemudi berharap agar memberikan uang parkir.

  • Petugas Parkir Dadakan

Sesuai dengan namanya, petugas parkir ini biasanya hanya eksis di momen tertentu. Petugas parkir seperti ini tumbuh subur di event-event khusus seperti pameran, konser musik, dan lain sebagainya. Petugas tersebut akan memanfaatkan area lahan kosong di sekitar event untuk digunakan sebagai tempat parkir dadakan. Untuk acara dadakan, tarif parkir yang ditetapkan umumnya naik beberapa kali lipat dibandingkan harga normal.

  • Petugas Parkir Mirip Preman

Jenis petugasparkir seperti ini biasanya menagih uang parkir dengan cara memaksa atau kurang sopan seperti preman-preman jalanan. Mereka sering berpenampilan asal-asalan seperti celana robek-robek dan menagih uang parkir dengan kasar. Bahkan tidak jarang petugas parkir ini melakukan aksi yang tidak terpuji jika pengendara tidak memberinya uang parkir.

  • Petugas Parkir Tanpa Kembalian

Tipe petugas parkir yang satu ini sangat pandai memanfaatkan kesempatan. Ketika ada orang yang memberi uang parkir dengan nominal lebih, entah pura-pura atau benar mereka akan mengatakan bahwa tidak ada uang kembalian.

Kalau seperti ini, pengendara harus rela memberikan uang tersebut tanpa kembalian. Hal seperti ini tentu sangat menguntungkan petugas parkir tetapi merugikan pengendara. Petugas parkir ini menjadi konsekuensi yang sering dihadapi oleh pengendara yang tidak membawa uang receh saat parkir.

Demikian beberapa tipe petugas parkir yang sering dijumpai di berbagai tempat. Selain lima tipe di atas, sebenarnya masih ada beberapa tipe petugas parkir lainnya seperti petugas parkir yang merangkap sebagai pedagang, dan petugas parkir seikhlasnya. Petugas parkir seikhlasnya adalah tipe petugas parkir yang patut diteladani karena dia dengan ikhlas membantu pengemudi untuk parkir dan tidak menetapkan tarif parkir khusus. Jadi dia akan menerima dengan senang hati ketika diberi uang parkir dan tidak mempermasalahkan jika pengemudi tidak membayar parkir.

Dengan petugas parkir yang berbeda-beda karakteristiknya, sekarang Anda tentu lebih memahami karakteristik petugas parkir tersebut. Mengingat memarkirkan kendaraan berarti mempercayakan kendaraan Anda untuk diletakkan di suatu area dengan tanggung jawab oleh orang yang tidak dikenal, maka sebaiknya Anda selalu mencari area parkir yang dikelola oleh perusahaan parkir sehingga lebih terjamin keamanannya.