Aspek Penting Yang Harus Diperhatikan Sebagai Standar Tempat Parkir Yang Baik

Aspek Penting Yang Harus Diperhatikan Sebagai Standar Tempat Parkir Yang Baik

Tempat parkir yang ada di area mall, tempat wisata, pasar, perkantoran, atau lokasi umum lainnya seringkali menimbulkan masalah ketika area parkir yang disediakan tidak sanggup menampung jumlah kendaraan yang masuk ke area yang bersangkutan. Oleh karena itu, pada saat membuat atau mengalihkan fungsi lahan kosong menjadi area parkir, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:

Waktu pemakaian lokasi parkir

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam pembuatan tempat parkir adalah masalah waktu pemakaian lokasi parkir. Apabila lokasi parkir tersebut aktif terpakai selama 24 jam, maka aspek pengamanan lain juga perlu diperhatikan, seperti pemasangan lock gate, pemantauan cctv, dan penerangan yang cukup.

Kapasitas atau daya tampung

Tempat parkir yang baik selalu memiliki kapasitas tampung yang sesuai dengan target operasional kendaraan yang masuk per hari. Hal tersebut karena kapasitas ini nantinya berhubungan pula dengan standar keamanan area parkir, terlebih untuk area parkir yang dibuat bertingkat.

Standar keamanan lokasi

Ketika lokasi parkir yang dibangun wajib memiliki fasilitas tambahan demi kepuasan konsumen yang memakai area parkir maka standar keamanan lokasi parkir perlu diperhatikan benar. Standar lokasi parkir yang jelas, akan meminimalisir terjadinya tindak kejahatan dan membuat tingkat kepercayaan konsumen meningkat.

Keberadaan penerangan

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah keberadaan penerangan terutama untuk area parkir yang bisa digunakan 24 jam. Untuk area parkir jenis ini, wajib ada penerangan dari lampu merkuri atau lampu taman yang jarak pasangnya perlu diperhatikan dengan baik. Umumnya standar jarak diperhitungkan sesuai luas area parkir.

Bentuk area parkir

Ketika ingin membuat lahan parkir demi memuaskan konsumen yang datang untuk belanja maupun melakukan kegiatan lainnya, bentuk area parkir perlu disesuaikan dengan kapasitas tampung area. Secara umum, ada tiga jenis bentuk parkir yang bisa diterapkan, yaitu model parkir tegak lurus, parkir paralel, parkir sudut, hingga model parkir khusus untuk penyandang disabilitas.

Konstruksi parkir

Ketika area parkir tergolong area indoor, maka konstruksi lahan parkir perlu diperhatikan dengan benar. Konstruksi ini nantinya membantu pengelola lahan parkir untuk mempersiapkan jadwal pemeliharaan gedung dan pembenahan berkala. Dengan begitu, lahan parkir akan selalu terlihat kokoh dan terawat.

Fasilitas pelengkap parkir

Ketika membangun area parkir baik indoor maupun outdoor, ada fasilitas pelengkap yang perlu dimiliki agar nantinya pengguna area parkir tidak kesulitan melakukan aktifitasnya maupun memarkir mobil. Fasilitas pelengkap ini bisa berhubungan dengan pipa exhauss yang berhubungan dengan pembuangan gas CO dari knalpot kendaraan, tempat sampah di sekitar area parkir, dan lainnya.

Biaya parkir

Meski terkesan tidak penting, penerapan biaya parkir ketika lahan parkir mulai digunakan akan sangat membantu perencanaan operasional tempat parkir di waktu yang akan datang.