Hal Yang Wajib Anda Perhatikan Saat Membersihkan Mobil?

Hal Yang Wajib Anda Perhatikan Saat Membersihkan Mobil?

Menjaga kebersihan mobil sangat penting dilakukan, terutama kalau kendaraan tersebut selalu dibawa bepergian. Paparan sinar matahari, hujan, hingga debu kerap kali membuat mobil jadi kotor. Komponen yang ada di bagian dalam pun tak luput dari masalah, karena ada kotoran yang sanggup masuk melalui celah terkecil.

Namun, jangan sampai mencuci mobil jadi bencana baru bagi Anda. Perhatikan hal-hal di bawah ini saat Anda hendak membersihkannya.

  • Waktu terbaik untuk mencuci mobil

Jangan menunggu sampai mobil Anda punya ‘baju’ baru berupa lapisan kotoran yang sulit dibersihkan. Usahakan Anda punya jadwal rutin mencuci, misalnya satu atau dua minggu sekali. Tingkatkan frekuensi kalau mobil semakin sering dibawa ke jalan. Baru membersihkannya setelah hitungan minggu malah akan membuang tenaga dan waktu.

  • Jenis pembersih yang akan digunakan

Bodi mobil mungkin kuat, tetapi bukan berarti Anda sembarangan memakai pembersih. Hindari sampo, sabun, atau deterjen yang bukan ditujukan untuk kendaraan. Carilah pembersih khusus mobil yang bisa Anda peroleh di toko otomotif. Jenis pembersih ini dibuat dari bahan-bahan yang tidak akan merusak bodi maupun komponen dalam mobil.

  • Tempat atau lokasi mencuci mobil

Hindari tempat-tempat panas atau terkena sinar matahari langsung, sebab hal tersebut akan membuat air yang baru Anda semprotkan ke mobil cepat mengering atau meninggalkan bercak. Kemudian, perhatikan arah yang Anda ambil saat menggosok mobil dengan spons. Spons yang agak kasar kemungkinan bakal menggores bodi. Pastikan Anda juga membilas bersih mobil agar tidak ada busa yang tertinggal.

  • Cara mengeringkan mobil yang benar

Seperti mencuci, mengeringkan mobil juga tidak boleh sembarangan. Pakai kain atau lap khusus yang tidak bakal merusak mobil. Jangan gunakan lap berbulu dan pilihlah kain mikrofiber khusus mobil yang mampu mengeringkan kendaraan Anda tanpa melukai bodinya. Pastikan Anda memakai dua kain pada kedua tangan untuk mempercepat proses pengeringan.

Demikian tips yang dapat Anda terapkan saat membersihkan mobil. Mencuci kendaraan sendiri jauh lebih aman dan menghemat pengeluaran. Happy washing 🙂