Apa Saja Penyebab Mobil Anda Cepat Panas?

Apa Saja Penyebab Mobil Anda Cepat Panas?

Apa Saja Penyebab Mobil Anda Cepat Panas?

Terkadang, pada saat mengendaarai mobil, Anda merasakan jika suhu kendaraan Anda terasa panas. Jika hal ini tidak segera diatasi, jelas ini akan membuat kondisi mobil Anda menjadi semakin parah, bahkan bisa membahayakan keselamatan Anda sebagai pengendaranya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mobil menjadi cepat panas.

Menurut Bapak Endro Kiswanto selaku Deputy General Manager Operational PT CenterPark Citra Corpora, berikut ini beberapa faktor penyebab mobil menjadi cepat panas.

1. Kebocoran pada Radiator dan Selangnya

Pada saat radiator atau selangnya dalam keadaan kebocoran, mesin mobil akan cepat menjadi panas. Oleh karena itu, periksalah secara rutin kondisi radiator sekaligus selangnya. Pastikan radiator selalu terisi cairan radiator, karena radiator yang kosong bisa menyebabkan selang menjadi bocor. Jika memang terjadi kerusakan pada radiator mobil Anda, segera bawa ke spesialis radiator untuk diperbaiki. Namun, jika kerusakannya sudah terlalu parah, lebih baik diganti dengan yang baru.

2. Cairan Radiator yang Tidak Tepat

Penggunaan cairan radiator yang tidak tepat juga bisa menyebabkan mesin mobil menjadi panas. Sebagai contoh, air biasa. Peru diketahui, air biasa banyak mengandung logam, mineral, dan unsur lainnya yang bisa membuat kerak serta menyumbat radiator. Akibat selanjutnya, sirkulasi cairan radiator pun menjadi kurang lancar. Oleh karena itu, pastikan cairan yang digunakan benar-benar yang khusus untuk radiator.

3. Penggunaan Oli yang Tidak Berkualitas

Ternyata, menggunakan oli yang tidak berkualitas juga bisa menyebabkan mesin mobil cepat panas. Hal ini dikarenakan oli tidak mampu menahan panas berlebih yang dihasilkan oleh mesin mobil. Akibatnya, volume oli menjadi cepat habis sehingga kinerja mobil pun menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, pastikan selalu mobil Anda menggunakan oli dengan kualitas tinggi.

4. Thermostat Mengalami Kerusakan

Alat pengukur suhu pada mobil ini merupakan komponen vital dalam sistem engine cooling kendaraan. Saat komponen ini mengalami kerusakan, maka Anda tidak akan mengetahui temperatur mobil dengan tepat. Akibatnya, pada saat mobil sudah memasuki ambang panas yang berlebih, Anda tetap tidak menyadarinya. Oleh karena itu, pastikan komponen ini dalam kondisi baik.

5. Kipas Radiator Tidak dalam Kondisi Prima

Kipas radiator sangat penting untuk menjaga kestabilan temperatur dalam radiator. Saat kipas ini mengalami kerusakan, maka sensor switching yang ada tidak akan mampu membaca tindakan yang harus dilakukannya. Itulah sebabnya, periksa selalu kondisi kipas radiator ini dan lakukan pembersihan jika terdapat kotoran di dalamnya.

6. Menggunakan Bahan Bakar Tidak Tepat

Penggunaan bahan bakar yang tidak tepat juga bisa menyebabkan mesin mobil menjadi cepat panas. Hal ini dikarenakan kadar oktan bahan bakar tidak sesuai dengan spesifikasi mobil. Akibatnya, mobil mengalami knocking. Oleh karena itu, sebelum menggunakan bahan bakar, pastikan nilai oktan bahan bakar sudah sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda.