Apa Itu Manless Parking System & Manfaatnya ?

Apa Itu Manless Parking System & Manfaatnya ?

Apa Itu Manless Parking System & Manfaatnya ?

Saat berkunjung ke gedung perkantoran, bank, rumah sakit, mall dan lain sebagainya, pastinya hal pertama yang dicari adalah area parkir.  Mungkin Anda sudah cukup familiar dengan teknologi “Manless parking system”. Lalu, sudahkah Anda mengenal teknologi parkir ini?

Mengenal Manless Parking System

Seiring perkembangan teknologi, sistem parkir kendaraan pun semakin maju. Saat ini ada berbagai jenis sistem parkir yang bisa disesuaikan dengan kondisi lokasi parkir. Semuanya bisa digunakan untuk memfasilitasi pengguna lahan parkir.

Dari sekian banyak sistem parkir terkini, Manless parking system menjadi salah satu yang paling favorit dan paling banyak digunakan. Di Indonesia sendiri, semua gedung besar, area perkantoran, mall, rumah sakit, perpustakaan dan lain sebagainya sudah menggunakan sistem ini karena jauh lebih efektif dan efisien.

Manless parking system merupakan sebuah sistem di mana konsumen sebagai pengguna lahan parkir akan menekan tombol mesin parkir dan kemudian sebuah kertas barcode khusus akan keluar dan palang parkir terbuka otomatis setelahnya. Jika palang parkiran sudah terbuka, maka pengguna parkir bisa memilih dan bebas menentukan lokasi parkir yang diinginkannya.

Meskipun sudah sering berhubungan dengan teknologi manless parking system, sebagian besar orang masih belum tahu istilah ini hingga efektivitas menggunakan sistem tersebut.

Manfaat Manless Parking System

Perlu diketahui, ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan teknologi manless parking system, beberapa diantaranya ialah:

  • Hemat biaya operasional

Pada beberapa gedung yang belum menggunakan manless parking system, biasanya pengelola gedung akan menempatkan petugas tambahan di pintu masuk. Nah, dengan sistem ini dapat menghemat biaya operasional, yang sebelumnya digunakan sebagai gaji karyawan pos masuk parkir. Pengunjung yang ingin masuk area parkir cukup menekan tombol pembuka parkir dan palang parkir akan otomatis terbuka.

  • Hemat biaya perawatan

Tidak hanya hemat biaya operasional, dengan menggunakan manless parking system pengelola gedung juga bisa menghemat biaya perawatan lho. Karena peralatan “Manless parking system” yang dibutuhkan lebih sedikit daripada sebuah pos parkir sehingga biaya perawatan tentu lebih sedikit. Anda dapat menempatkan sebuah kamera pengawas untuk mengawasi kondisi peralatan parkir tersebut dan nantinya bisa memperbaiki alat di waktu tertentu jika memang telah terjadi kerusakan.

  • Operasional sistem parkir lebih mudah

Menggunakan manless parking system juga mempermudah sistem operasional lahan parkir. Pasalnya, saat menggunakan sistem ini akan ada panduan langsung dari perusahaan jasa mengenai cara menggunakannya sehingga proses penerapannya lebih mudah. Tidak hanya itu saja, penggunaan manless parking system juga bisa diajarkan pada orang lain karena memang tidak terlalu rumit.

  • Laporan lebih tepat dan akuntable

Terakhir, kemudahan dalam pembuatan laporan dan pastinya sangat akuntable. Selain digunakan otomatis, mesin ini juga bisa menghasilkan laporan yang tepat tentang jumlah kendaraan yang keluar masuk dalam suatu area gedung.

Tidak hanya itu saja, laporan mengenai real time waktu parkir setiap kendaraan juga sudah tercatat sehingga membuat nilai parkir yang telah ditetapkan semakin mudah diakumulasikan. Kini semua kemudahan dari penggunaan manless parking system bisa Anda peroleh dengan mengandalkan penyedia jasa manajemen parkir yang tepat.