Apa Itu Blindspot Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apa Itu Blindspot Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apa Itu Blindspot Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Keselamatan dalam berkendara adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu untuk menurunkan resiko terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan, sebelum mengendarai kendaraan sebaiknya cek dulu berbagai kondisi pada kendaraan Anda.

Seperti misalnya kondisi mesin apakah ada bunyi suara yang tidak biasa, kondisi rem apakah masih dapat mencengkram dengan baik, cek juga lampu-lampu utama maupun lampu sinyal, termasuk posisi kaca spion. Kaca spion memiliki fungsi yang penting untuk membantu Anda dalam menentukan posisi kendaraan yang lain terhadap kendaraan Anda di jalan.

Hal yang penting untuk diperhatikan dalam menentukan posisi spion adalah blindspot. Apa itu blindspot? Bapak Ponyan selaku General Manager Operational (luar Jabodetabek) akan menjelaskannya untuk Anda.

Apa itu Blindspot?

Dikenal juga dengan nama titik buta atau di tempat-tempat pelatihan biasanya disebut dengan nama No Zone merupakan area atau titik yang tidak dapat terpantau oleh pengemudi.

Faktor penyebabnya ada berbagai macam, salah satunya adalah desain dari kendaraan itu sendiri. Biasanya bagian kiri penumpang memiliki area blindspot  yang paling besar oleh karena itu para produsen kendaraan terutama mobil saat ini terus berupaya untuk membuat desain mobil agar area yang tidak terpantau oleh pengemudi dapat dipersempit sehingga keamanan dalam berkendara dapat lebih baik.

Selain faktor internal atau faktor dari desain kendaraan itu sendiri, blindspot  juga dapat disebabkan karena faktor-faktor eksternal atau faktor yang ada di luar kendaraan.

Seperti misalnya adanya persimpangan jalan, tikungan, area yang berbukit, area dengan bangunan yang padat, lalu lintas yang padat dengan berbagai macam jenis dan ukuran kendaraan, dan sebagainya.

Faktor-faktor ini menyebabkan pengemudi jadi memiliki keterbatasan dalam menganalisa posisi kendaraannya karena pantulan kaca spion yang terhalang oleh faktor-faktor tersebut.

Barang muatan yang dibawa kendaraan pun juga dapat menyebabkan blindspot jadi bijaklah dalam membawa barang menggunakan kendaraan.

Cara menghindari Blindspot

Yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi area blindspot antara lain adalah dengan:

  1. Mengatur posisi kaca spion sedemikian rupa hingga hanya sedikit bagian kendaraan yang terlihat melalui kaca

  2. Jika ingin berbelok atau hendak menyalip, nyalakan lampu sinyal beberapa detik sebelum Anda bermanuver, kemudian cek posisi kendaraan di bagian samping yang tidak terlihat melalui kaca spion untuk memperhitungkan jarak agar manuver dapat dilakukan dengan lebih aman

  3. Anda dapat menambahkan aksesoris blindspot mirror yang dipasangkan pada kaca spion untuk memberikan visibilitas pada area blindspot  sehingga pengemudi dapat mengetahui posisi-posisi kendaraan di sekitarnya dengan lebih akurat.

Waspada dengan area yang tidak terlihat melalui kaca spion adalah bagian dari keselamatan berkendara. Tidak ada kendaraan yang terlihat dari kaca spion bukan berarti sepenuhnya aman, bisa jadi ada kendaraan lain di area blindspot kendaraan Anda.