Angkat Wiper Mobil Saat Parkir Di Rumah Selama Masa PSBB

Angkat Wiper Mobil Saat Parkir Di Rumah Selama Masa PSBB

Angkat Wiper Mobil Saat Parkir Di Rumah Selama Masa PSBB

Pandemi Virus Corona menjadi salah satu hal yang membuat berbagai kegiatan menjadi terhambat. Salah satunya adalah dengan adanya PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar yang kini dilakukan pada beberapa daerah khususnya di Jakarta dan sekitarnya seperti Bekasi, Depok, dan juga Tangerang. Kota-kota ini memiliki kasus yang cukup banyak sehingga harus dilakukan PSBB.

PSBB memang sangat berdampak pada semua hal salah satunya adalah berdampak pada kendaraan roda empat Anda. Bagaimana bisa?

PSBB ini membuat banyak orang harus melakukan aktivitas yang biasa di dalam rumah, ada yang bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, rapat dari rumah, dan berbagai kegiatan yang lain yang dilakukan di rumah. Hal ini karena untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Dengan adanya PSBB ini membuat banyak kendaraan yang seharusnya digunakan menjadi mangkrak di rumah hanya diparkirkan dan tidak jalan ke mana saja. Dan hal ini tidak hanya terjadi satu hari dua hari namun terjadi dalam beberapa minggu bahkan beberapa bulan sehingga sangat tidak sehat untuk kendaraan Anda.

Salah satu hal detail perawatan mobil di rumah adalah dengan mengangkat wiper mobil.  Karena jika dibiarkan dalam keadaan yang lama tidak terpakai apalagi jika Anda memarkirkan kendaraan Anda di terik matahari maka akan semakin merusak karet wiper tersebut.

Hal ini terjadi karena karet yang seharusnya elastis menjadi mengeras sebab terlalu terpapar panas atau udara kering. Hal ini sangat bahaya sebab dengan kerasnya karet wiper bisa menggores bagian kaca yang akan merusak serta akan sangat sulit dihilangkan walaupun menggunakan air bersih.

Oleh karena itu untuk mencegah berbagai kemungkinan terburuk yang terjadi pada kaca mobil dan wiper itu sendiri langkah yang terbaik adalah mengangkat wiper saat parkir karena cukup efektif untuk mencegah terjadinya kerusakan pada wiper itu sendiri maupun pada kaca karena ketahanan karet akan lebih meningkat.

Pada saat wiper ini menempel pada kaca mobil dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan double impact dari matahari dan juga panas pada kaca mobil. Jadi wiper akan kehilangan elastisitas dan juga kekuatan untuk menyeka air menjadi lebih berkurang. Hal ini dinilai ampuh karena wiper tidak menempel langsung pada kaca dalam waktu yang cukup lama.

Walaupun ada cara lain seperti melapisi wiper dengan kertas atau dengan berbagai alat pelapis namun pengangkatan wiper ini lah yang terbaik karena karet bisa beristirahat dengan baik tanpa harus kehilangan fungsinya sebagai menyeka kaca mobil saat membersihkannya. Namun, penggunaan cara ini hanya untuk mencegah saja agar wiper tidak cepat rusak.