Alasan Penting Mengapa Memanaskan Kendaraan Mobil Sebelum Digunakan 

Alasan Penting Mengapa Memanaskan Kendaraan Mobil Sebelum Digunakan 

Alasan Penting Mengapa Memanaskan Kendaraan Mobil Sebelum Digunakan 

Prosedur memanaskan mobil setelah dibiarkan dalam waktu cukup lama adalah hal yang perlu dan bahkan harus dilakukan. Mengapa demikian? Pada dasarnya ada banyak alasan yang menjadikan hal tersebut penting untuk dilakukan.

Namun salah satu alasan utama yang dimilikinya tentu saja berkaitan dengan kondisi mesin yang sudah lama dimatikan atau berada dalam keadaan dingin, sehingga sebelum digunakan pun sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu agar mesin lebih siap untuk digunakan.

Selain alasan itu tadi, masih banyak alasan lainnya yang juga turut melatar belakangi dari tindakan memanaskan mobil sebelum digunakan. Ingin tahu apa saja? Simaklah uraian penjelasan berikut ini:

1.       Melumasi setiap bagian mesin mobil

Alasan pertama yang mengharuskan Anda untuk memanaskan mobil adalah keberadaan mesin mobil yang perlu dilumasi dengan baik. Dalam hal ini, ketika Anda memanaskan mesin mobil, maka oli yang terdapat di bagian dalamnya pun akan mencapai setiap bagian termasuk celah-celah yang ada di bagian dalamnya.

Karena jika mobil didiamkan dalam waktu yang cukup lama, umumnya mesin akan berada dalam kondisi kering. Sementara itu, untuk menaikkan oli ke bagian atas mesin maka Anda harus memanaskan mobil tersebut lebih dahulu untuk meperkecil adanya gesekan antar logam pada mesin utama.

Karena jika hal tersebut dibiarkan maka dapat menimbulkan ke”aus”an pada setiap bagian komponen dari mesin mobil Anda.

2.       Mengurangi potensi dari kebocoran kompresi mesin

Alasan selanjutnya dari proses memanaskan mobil yang sering kali dilakukan di tempat pengelola parkir itu berkaitan dengan tindakan pencegahan agar mobil tidak mengalami kebocoran kompresi. Karena pada dasarnya di salah satu bagian mesin mobil itu sendiri ada yang dengan sengaja dibuat tidak presisi dan komponen tersebut pun akan berubah menjadi presisi apabila terkena panas.

Sementara itu, jika kebocoran kompresi terjadi, maka campuran dari bahan bakar serta udara menjadi tidak terbakar sempurna. Hal ini menjadikan tenaga yang dihasilkan mobil menjadi kurang optimal bahkan penggunaan bahan bakar pun akan berubah menjadi lebih boros dari sebelumnya.

Selain dua alasan tersebut, bagi Anda yang tidak tahu bagaimana cara memanaskan kendaraan utamanya mobil dengan tepat, maka ada baiknya bagi Anda untuk mengikuti penjelasan singkat di bagian bawah ini:

1.       Hindari memanaskan mobil terlalu lama

Meskipun mobil Anda telah didiamkan dalam waktu lama, namun bukan berarti Anda harus memanaskannya dalam waktu yang lama pula. Apalagi jika jenis kendaraan Anda sudah menggunakan sistem injeksi maka proses memanaskan kendaraan pun cukup dengan waktu 30 detik hingga 1 menit saja.

2.       Perhatikan indikator temperatur

Apabila temperatur mobil telah naik ke bagian tengah, maka kondisi mobil pun telah berada dalam posisi normal dan tentunya sudah siap untuk Anda gunakan.

Itulah kiranya beberapa hal yang juga harus Anda perhatikan ketika memanaskan mobil, semoga bermanfaat.