6 Tips Mengatasi Mobil yang Jalan Tersendat-sendat

6 Tips Mengatasi Mobil yang Jalan Tersendat-sendat

6 Tips Mengatasi Mobil Jalan Tersendat-sendat

Mobil Anda tersendat-sendat pada saat berjalan? Wah, tentu kejadian seperti ini membuat Anda menjadi kesal. Rencana ingin cepat sampai tujuan, justru perjalanan Anda menjadi terhambat. Perlu Anda ketahui, pada saat mobil tersendat-sendat saat berjalan, pasti ada beberapa gangguan yang terjadi pada mobil Anda. Menurut Bapak Samsu Alam selaku Operasional Director PT CentrePark Citra Corpora, Berikut ini enam penyebab mobil Anda berjalan ndut-ndutan, sekaligus tips mudah mengatasinya.

1. Cek Pasokan Bahan Bakarnya

Pada saat bahan bakar mobil Anda akan habis, tarikan mesin menjadi tidak maksimal. Akibatnya, kendaraan akan berjalan dengan tersendat-sendat. Jalan satu-satunya untuk mengatasi masalah ini, jelas mengisi bahan bakar kendaraan Anda. Perhatikan indikator bahan bakar sebelum menggunakannya agar Anda tidak kehabisan bahan bakar. Jika indikator bahan bakar mengalami kerusakan, segera perbaiki.

2. Cek Filter Bahan Bakar

Filter bahan bakar mempunyai peran penting dalam menyaring kotoran yang berasal dari bahan bakar, yang menuju ruang pembakaran. Jika bahan bakar yang Anda gunakan banyak mengandung kotoran, bagian filter juga akan banyak kotoran yang menumpuk. Akibatnya, pasokan bahan bakar ke ruang pembakaran menjadi terhambat. Sebagai imbasnya, mobil Anda tersendat-sendat saat berjalan. Segera ganti dengan yang baru jika sudah banyak kotoran yang ada di komponen ini.

3. Cek Bagian Mesin

Mesin mobil yang terlalu panas bisa menyebabkan tenaganya menjadi turun drastis. Akibatnya, jalannya mobil menjadi tersendat, terlebih jika berada di tanjakan. Panasnya mesin ini bisa dikarenakan gangguan pada radiator, seperti air radiator habis. Habisnya air radiator ini bisa menyebabkan selang bypass mudah sobek sehingga mesin radiator pun menjadi bocor. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengganti selang bypass. Selain itu, pastikan air radiator selalu terisi setiap akan berjalan.

4. Cek Sistem Pengapian

Ada beberapa komponen dalam sistem pengapian yang sering membuat mobil menjadi brebet-brebet, seperti koil, busi, dan kabel busi. Jika komponen-komponen tersebut mengalami gangguan, maka pasokan bahan bakar pun tidak akan sampai ke sistem ini. Untuk mengecek apakah sistem pengapian bermasalah, Anda bisa melakukannya dengan menyalakan mesin mobil di tempat gelap. Jika terjadi percikan api, artinya terdapat kebocoran di dalamnya. Solusinya, ganti komponen-komponen penting dalam sistem pengapian tersebut atau segera bawa ke bengkel terdekat.

5. Cek Sistem Perintah

Jika mobil yang Anda miliki sudah dilengkapi mesin pemberi dan penerima perintah, maka cek bagian sistem perintah ini. Sebab, kesalahan dalam sistem ini juga bisa membuat jalannya mobil menjadi brebet-brebet. Beberapa komponen yang perlu Anda cek di sistem ini antara lain chamsaft sensor, air flow, ECU, dan crank sensor. Jika memang terjadi masalah, segera bawa ke bengkel terdekat.

6. Lakukan Tune Up

Pada saat mobil Anda terasa tersendat, segera lakukan tune up ke bengkel mobil agar bisa segera diperbaiki. Namun, jika mobil tetap tidak sempurna, lakukan pemeriksaan secara menyeluruh agar setiap komponen dalam mobil dapat berfungsi secara maksimal.