6 (Enam)Tips Rahasia Menghemat Biaya Bahan Bakar Mobil 

6 (Enam)Tips Rahasia Menghemat Biaya Bahan Bakar Mobil 

6 (Enam) Tips Rahasia Menghemat Biaya Bahan Bakar Mobil 

Menurut Bapak Ponyan selaku General Manager Operational (luar Jabodetabek) ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran dalam menggunakan mobil.

Bahan bakar tentu menjadi pertimbangan pertama yang harus diperhatikan karena selama menggunakannya anda harus terus mengisi bahan bakar sesuai kebutuhan penggunaan. 

Menjaga Kendaraan Dengan Baik 

Dalam hal ini menjaga kendaraan adalah dengan secara rutin melakukan maintenance yang memang seharusnya dilakukan. Sehingga dengan rutin melakukan perawatan sesuai jenis mobil maka akan meningkatkan efisiensi dalam penggunaan bahan bakarnya.

Mengurangi Beban Mobil 

Ternyata beban berat yang dibawa bisa mempengaruhi penggunaan bahan bakarnya. Jika anda bisa membuat beban mobil menjadi lebih ringan maka hambatan udara juga akan semakin berkurang, dengan begitu laju mobil tidak akan membutuhkan banyak daya selama digunakan dalam perjalanan. 

Efisiensi Penggunaan AC

Perlu anda ketahui bahwa penggunaan AC mobil juga akan mempengaruhi putaran mesin sehingga dampaknya juga akan pada konsumsi bahan bakar. Maka jika anda ingin lebih hemat, gunakanlah AC secara efisien agar bahan bakar mobil yang digunakan bisa diminimalisasi sebaik mungkin, hindari juga langsung menyalakan AC saat baru masuk mobil.

Melakukan Pengecekan Pada Ban

Mungkin anda akan berpikir bahwa tidak ada kaitannya antara ban dengan bahan bakar, padahal keduanya saling berhubungan saat anda menggunakan mobil. Jika tekanan angin di ban kurang maka kondisi ban yang sedikit kempis akan membuat daya putarnya juga berkurang sehingga akan membebani kinerja masin.

Dampak dari kondisi tersebut sudah tentu akan berakhir pada konsumsi bahan bakar lagi, sehingga ada baiknya saat anda menggunakan mobil jangan sampai kondisi banya kempes. 

Mengatur Injakan Pedal Gas 

Kebiasaan untuk melakukan akselerasi secara agresif atau cepat apalagi dalam keadaan macet adalah sesuatu yang seharusnya dihindari karena akan menggunakan bahan bakar semakin banyak dan mengurangi efisiensi penggunaannya bahkan hingga 33%.

Maka biasakan untuk menginjak pedal gas secara lembut agar penggunaan bahan bakar yang ditarik akan lebih efisien sesuai kebutuhan mesin. Maka untuk mengatur kecepatan ini diperlukan sedikit latihan apalagi dalam kondisi jalanan tertentu atau bahkan di tengah kemacetan.

Mencari Rute yang Efisien 

Cobalah untuk mengatur pekerjaan secara efektif dalam satu perjalanan dan cari rute terbaik untuk mencapai lokasi-lokasi yang anda butuhkan. Hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan karena mesin dingin akan menggunakan bahan bakar cukup besar pada 5 mil pertama, sehingga usahakan anda tidak perlu berkali-kali memanaskan mesin mobil agar penggunaan bahan bakarnya bisa jauh lebih hemat.

Melakukan beberapa saran tersebut di atas tentu akan membuat anda mampu menghemat pengeluaran bahan bakar secara lebih efisien sehingga menurunkan biaya pembelian bahan bakar. Semoga bermanfaat dan share ke teman-teman kamu ya !