5 Tips Aman Memarkir Mobil di Tempat Terbuka

5 Tips Aman Memarkir Mobil di Tempat Terbuka

5 Tips Aman Memarkir Mobil di Tempat Terbuka

Hmmm jalanan makin macet saja, pengunaan mobil juga makin banyak aja…

Belum lagi ketersediaan lahan parkir, makin susah cari parkir yang dekat pintu masuk. Mau tidak mau ada banyak pemilik mobil yang harus memarkirkan kendaraannya di luar atau di tempat terbuka.

Namun, harus Anda pahami jika memarkir mobil di tempat terbuka memiliki konsekuensi yang harus ditanggung pemilik mobil. Mulai dari kondisi cat mobil rusak hingga barang-barang yang ada dalam mobil hilang.

Baik di siang atau malam hari, pemilik mobil tetap harus memberikan perawatan dan perlindungan ekstra pada kendaraan kesayangannya.

Nah, khusus untuk Anda yang sering memarkir mobil di tempat terbuka, berikut ini beberapa tips aman memarkir mobil di tempat terbuka yang bisa Anda lakukan.

1.    Perhatikan Posisi Parkir

Pastikan Anda hanya memilih lokasi parkir mobil yang teduh namun sebisa mungkin tetap hindari memarkir mobil di bawah pohon. Pasalnya, saat angin sedang kencang memarkir mobil di bawah pohon bisa jadi musibah besar untuk Anda.

Selain itu, hindari pula memarkir mobil di permukaan miring dalam waktu lama karena akan mengganggu kaki-kaki mobil. Khusus untuk Anda yang membutuhkan parkiran mobil saat malam hari, pastikan Anda mendapatkan lokasi yang terang. Pastikan jika terpaan cahaya mengenai mobil Anda untuk mencegah semua hal yang tidak diinginkan.

2.    Lebih Baik Datangi Lokasi yang Dilengkapi CCTV

Untuk menghindari segala kemungkinan yang bisa merugikan Anda saat memarkir mobil di tempat terbuka, jauh lebih baik jika Anda memilih datang ke lokasi yang dilengkapi keamanan saja.

Dengan kata lain tempat yang hendak Anda tuju tersebut telah memiliki petugas keamanan dan telah dilengkapi teknologi CCTV untuk memantau area parkir. Selain gedung-gedung besar, beberapa area ruko, restoran dan tempat sejenisnya juga telah dilengkapi petugas keamanan dan CCTV. Selain itu, Anda juga  harus menggunakan sarung mobil sebagai proteksi dari debu atau panas matahari jika terlalu lama berada di suatu tempat.

3.    Sembunyikan Barang Berharga Saat Keluar Masuk Mobil

Tanpa sadar mungkin Anda sering melakukannya, meninggalkan barang berharga di tempat yang terlihat dari luar mobil. Namun tahukah Anda? Pelaku kejahatan akan dengan mudah menemukan barang berharga tersebut dan merupakan sasaran empuk kasus pencurian.

Tanpa Anda menyadarinya, ada banyak orang yang memiliki niat buruk sehingga Anda harus waspada. Usahakan untuk menyembunyikan barang berharga di bawah jok mobil atau tempat tertutup, jika perlu Anda bawa serta agar lebih aman.

4.    Siapkan Pengaman Mobil Tambahan Saat Parkir Di Lokasi Gelap

Pada beberapa kondisi, Anda mungkin diharuskan memarkir mobil di lokasi gelap. Jika sudah seperti  ini, maka Anda harus mempersiapkan pengaman tambahan dan beberapa perlengkapan lain sebagai perlindungan kendaraan.

Untuk itu, pastikan Anda selalu membawa pengunci stir mobil, pasang alarm dan lain sebagainya. Pastikan untuk mengunci stir mobil dengan benar dan pasang alarm sehingga terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan.

5.    Tetap waspada dengan  keadaan sekitar

Terakhir, pastikan Anda tidak terlalu fokus dengan ponsel atau kegiatan lain di dalam mobil dan malah mengabaikan memeriksa keadaan sekitar.

Cobalah menyisihkan waktu beberapa menit hanya untuk melihat sekeliling lokasi parkir, apakah tempatnya aman atau malah ada hal yang mencurigakan. Anda harus memahami hal ini untuk menghindari semua hal-hal yang bisa merugikan Anda sendiri.

Demikianlah beberapa hal sederhana memarkir mobil di tempat terbuka yang bisa dilakukan, pastikan Anda tetap waspada ya. Jika memungkinkan ajak teman atau pasangan untuk menemani hingga ke area yang lebih aman untuk berkendara sendiri.