5 (Lima) Tip Mudah Membantu Anda Menjadi Ahli Memarkirkan Mobil

5 (Lima) Tip Mudah Membantu Anda Menjadi Ahli Memarkirkan Mobil

5 (Lima) Tip Mudah Membantu Anda Menjadi Ahli Memarkirkan Mobil

Pengalaman memarkirkan mobil berbeda bagi setiap orang. Ada yang bisa menguasainya dalam waktu singkat, tetapi ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama.

Hal tersebut kadang ditentukan pula oleh karakteristik pengendara hingga jenis kendaraan yang mereka kemudikan.

Apa Anda salah satu orang yang sedang belajar memarkirkan mobil? Berikut ini ada 5 (lima) tip yang dapat diterapkan untuk melancarkan praktik Anda!

  1. Menguasai teknik dasar parkir

Setidaknya ada tidak teknik dasar parkir yang wajib dikuasai. Satu, parkir serong untuk menyejajarkan arah mobil dengan garis parkir dengan memindahkan gigi ke posisi tertentu dengan sudut 45 derajat.

Dua, parkir tegak lurus yang prosesnya dapat dibantu dengan memeriksa posisi mobil lewat spion.

Tiga, parkir paralel yang terbilang sulit bagi pemula karena harus memperhatikan area parkir sebelum menyetir mobil untuk kemudian dimundurkan hingga kendaraan sejajar di bagian depan dengan belakang.

  1. Optimalkan pemakaian kaca spion

Seperti yang disinggung dalam poin sebelumnya, kaca spion memegang peran penting dalam praktik parkir mobil.

Kaca spion, selain digunakan untuk memantau kendaraan di belakang mobil, dapat Anda andalkan dalam mengatur posisi mobil sebelum ditempatkan di tempat parkir.

Tanpa kaca spion, akan susah bagi pemilik kendaraan untuk memundurkan mobil dan mengetahui kapan menghentikannya. Jangan lupa juga mengatur sudut kemiringan kaca spion sebelum memulai parkir.

  1. Menyisakan ruang gerak

Saking buru-buru, beberapa pemilik kendaraan langsung menyerobot ruang parkir yang tersedia tanpa memperhatikan space yang tersisa.

Terutama kalau Anda melakukan parkir serong atau tegak lurus. Akibatnya?

Jangankan keluar dari mobil, membuka pintu saja sulit karena ruang geraknya terbatas. Maka dari itu, setergesa apa pun Anda, pastikan untuk selalu memeriksa garis pembatas parkir agar tidak bersinggungan dengan kendaraan lain dan memudahkan akses keluar-masuk.

  1. Tetap fokus selama memarkirkan mobil

Memarkirkan mobil membutuhkan konsentrasi dan emosi yang stabil. Untuk menenangkan diri, tarik napas terlebih dahulu sampai Anda benar-benar santai.

Fokuskan pandangan Anda pada tempat parkir yang tersedia sebelum menempatkan kendaraan.

Dalam tahap ini, pastikan Anda sedang tidak memakai ponsel pintar atau mendengarkan musik karena akan mengurangi  konsentrasi selama berkendara.

  1. Memanfaatkan alat bantu dari mobil

Sebagian besar produsen mobil sepertinya menyadari kesulitan yang dihadapi pengendara saat memarkirkan mobil. Mereka lantas menyediakan fitur atau alat bantu pada kendaraan yang dianggap akan memudahkan Anda saat menempatkan mobil.

Alat tersebut bisa berupa alarm yang nantinya memberikan tanda kalau jarak mobil dengan batas area parkir semakin dekat. Jika mobil Anda sudah dilengkapi alat serupa, manfaatkan sebaik mungkin untuk melancarkannya.

Semoga beberapa tips kami akan  membantu Anda lebih lancar dalam memarkirkan mobil, ya!