5 Rahasia Menyetir Aman Yang Perlu Kamu Ketahui

5 Rahasia Menyetir Aman Yang Perlu Kamu Ketahui

5 Rahasia Menyetir Aman Yang Perlu Kamu Ketahui

PT. CentrePark Citra Corpora selaku operator parkir terbesar di Indonesia menyatakan bahwa menjaga keamanan ketika menyetir menjadi bagian penting yang harus diperhatikan selama perjalanan. Pasalnya ketika melakukan perjalanan itu sendiri bukan hanya keselamatan pihak pengemudinya saja yang harus diperhatikan tetapi juga keamanan untuk menjaga keselamatan dari para penumpang lain yang ada di dalamnya.

Untuk itu, bagi anda yang ingin melakukan perjalanan dengan lebih baik, maka simaklah beberapa tips efektif cara menyetir yang aman berikut ini :

1.Memahami pergerakan kendaraan 

Setiap kendaraan umumnya bergerak berdasarkan pada kemauan pihak pengemudinya itu sendiri. Dengan kata lain, jika ingin melaju, maka hal yang harus dilakukan pun adalah menekan bagian pedal gas, begitu pun ketika berbelok maka bagian roda harus diputar sesuai dengan arah yang anda inginkan. Namun tidak hanya itu saja, anda selaku pengemudi juga wajib unuk memahami pergerakan termasuk dinamika yang dimilikinya, seperti halnya memperhatikan akselerasi, kemudian menikung bagian mobil serta melakukan pengereman. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memprediksi arah gerak dari kendaraan itu sendiri.

2. Menjaga jarak agar tetap aman 

Menjaga jarak adalah bagian lainnya yang dapat anda lakukan untuk menjaga kondisi kendaraan serta penumpang agar tetap aman. Hal ini juga berlaku unuk menghindari munculnya tabrakan. Salah satu cara yang dapat anda lakukan dalam mengatur jarak aman adalah sistem aturan 3 detik. Cara ini cukup efektif untuk dilakukan, terutama jika anda tengah mengendarai kendaraan dengan kecepatan sekitar 40 km/ jamnya. Dalam sistem hitungan yang satu ini anda juga dapat menggunakan tiang listrik atau bahkan pohon sebagai patokan jarak aman.

3. Awas pada kondisi sekitar 

Untuk menjaga keamanan saat berkendara pengemudi juga diharuskan untuk mengarahkan pandangannya hingga jauh ke depan. Hal ini dilakukan agar pengemudi dapat menentukan kecepatannya saat berkendara pada jarak yang lebih aman. Selain itu, pandangan juga berfungsi untuk memetakan kondisi jalan yang hendak dilalui agar dapat mengantisipasi beragam bentuk kemungkinan yang bisa saja terjadi seperti halnya menghindari bentuk jalanan berlubang, atau bahkan beragam rintangan lainnya.

4. Waspada pada blind spot

Setiap kendaraan memiliki blind spot tersendiri, blind spot yaitu kondisi dari kendaraan yang tidak dapat menjangkau kendaraan lainnya, baik itu dengan jangkauan mata atau bahkan kaca spion yang dimilikinya. Karena itulah pastikan untuk melakukan pengecekan pada kondisi mobil setiap 5 hingga 8 detik sekali, utamanya sebelum anda melakukan manuver. Hal ini selain membantu menjaga kondisi mobil agar tetap aman juga dapat membuat anda menghindari rasa kantuk dengan lebih mudah.

5. Menghindari distraksi (gangguan)

Ketika mengendari kendaraan, apalagi jika kendaraan yang tengah anda setir itu memuat para penumpang lainnya, sebaiknya anda hindari kegiatan yang mungkin saja mengganggu konsentrasi seperti halnya menggunakan ponsel, mengkonsumsi makanan atau bahkan minuman, kemudian mengobrol, mengecek peta atau bahkan mengganti saluran radio. Untuk menjaga keamanan saat berkendara pastikanlah untuk tetap fokus pada jalanan yang tengah anda hadapi dan juga lingkungan yang ada di sekitarnya.