5 Pola Pikir Yang Sebaiknya Dihindari Saat Berkendara

5 Pola Pikir Yang Sebaiknya Dihindari Saat Berkendara

5 Pola Pikir Yang Sebaiknya Dihindari Saat Berkendara

Pengendara yang arogan banyak menjadi bahan pembicaraan masyarakat. Bukan hanya karena sikapnya yang menyebalkan di jalanan namun aksinya juga bisa membahayakan pengendara dan juga orang lain. Jadilah pengendara yang bijak dengan menghindari pola pikir yang salah berikut ini seperti yang disampaikan Bapak Henry King selaku General Manager Business Developement PT. CentrePark Citra Corpora memberi

1.             Jalan raya adalah sarana umum yang aman

Keamanan jalan raya masih banyak disepelekan orang. Buktinya masih banyak pengendara motor yang tidak mengenakan helm di jalan dengan alasan tujuannya yang dekat, atau rumahnya di sekitar sini, dan sebagainya. Padahal, angka kecelakaan di jalan raya masih tinggi setiap tahunnya. Masih berpikir bahwa jalan raya adalah sarana umum yang aman?

2.             Mengendarai kendaraan bermotor tidak perlu persiapan fisik

Motor dan mobil adalah kendaraan bermotor yang memang sangat umum digunakan namun bukan berarti semua orang berhak untuk mengendarainya. Dibutuhkan syarat fisik dan juga usia minimum tertentu untuk bisa mengendarai kendaraan bermotor untuk mengecilkan tingkat resiko. Bahkan Anda yang merasa lelah dan sedang sakit pun tidak disarankan mengendarai kendaraan bermotor.

3.             Punya SIM dan STNK berarti bisa seenaknya di jalan raya

Banyak pengemudi yang arogan di jalan raya namun ketika ditegur berdalih bahwa ia punya hak untuk menggunakan jalan raya karena sudah punya SIM dan bukti bayar pajak dengan STNK. Padahal, jalan raya adalah fasilitas umum yang mempertemukan segala macam pengendara dengan segala macam latar belakang dan perilakunya. Ketika sudah di jalan, bahkan pejabat sekalipun tidak luput dari resiko kecelakaan fatal.

4.             Pengemudi yang sudah berpengalaman tidak mungkin kecelakaan

Nyatanya keterampilan mengemudi hanya sebagian kecil penyebab kecelakaan. Anda bisa jadi kena getah dari pengemudi yang kurang berhati-hati, atau konsentrasi yang terganggu karena sedang ngobrol, mendengarkan musik, membaca iklan billboard, atau karena kondisi jalan yang tidak rata.

5.             Jalan yang sepi adalah saat yang tepat untuk ngebut

Memacu kendaraan pada kecepatan tinggi akan mengurangi tingkat kontrol Anda pada mobil terutama saat harus mengerem. Bisa jadi dari arah jalan yang bersimpangan muncul kendaraan lain, atau ada orang yang menyeberang namun tidak terlihat oleh Anda.