5 (Lima) Tips Cara Mengemudi Supaya Mobil Tetap Irit Bahan Bakar

5 (Lima) Tips Cara Mengemudi Supaya Mobil Tetap Irit Bahan Bakar

5 (Lima) Tips Cara Mengemudi Supaya Mobil Tetap Irit Bahan Bakar

Untuk mendukung program energi terbarukan, banyak mobil yang diproduksi kini menyandang sebutan LCGC (low cost green car) alias mobil murah hemat bahan bakar, selain itu mobil-mobil baru juga sudah menggunakan teknologi injeksi untuk penggunaan bahan bakar yang lebih efisien.

Berbagai macam teknologi sudah ditanamkan pada mobil untuk membuat pengendara bisa keluar uang lebih hemat untuk membeli bahan bakar mobil tanpa harus terlalu membatasi penggunaan mobil.

Tapi Anda pun juga bisa melakukan hal-hal tertentu agar mobil tetap irit bahan bakarnya, apa saja?

  • Jaga desain tetap aerodinamis

Mobil yang melaju dengan resistensi angin akan membuat mobil bergerak membutuhkan energi yang lebih besar oleh karena itu jaga agar mobil Anda tetap aerodinamis.

Misalnya dengan menutup jendela dengan rapat ketika melaju dengan kecepatan tinggi, dan sebaiknya tidak menaruh barang bawaan berbox-box di atas atap mobil.

  • Jangan ngebut

Ketika melaju di jalan tol yang lengang, memacu kendaraan dengan kecepatan di atas 80 km/jam terasa sangat ringan dan tidak terasa, tahu-tahu ketika melihat ke speedometer ternyata mobil melaju dengan kecepatan yang tinggi.

Kurangi kecepatan, dari 80 km/jam ke 70 km/jam bisa menghemat bahan bakar hingga 25%, sementara ketika melaju di jalanan kota atau jalan yang lebih kecil, menurunkan kecepatan hingga 60 km/jam bisa hemat hingga 10%.

  • Rutin dipelihara mesinnya

Mesin yang tidak dalam kondisi bagus akan membutuhkan lebih banyak energi agar bisa berjalan digunakan untuk berkendara. Oleh karena itu berikan perawatan yang rutin untuk mobil Anda.

Rutin bawa ke bengkel untuk dilakukan servis, mesin dibersihkan, diganti olinya, memperbaiki atau mengganti bagian mobil yang sudah aus agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah. 

  • Berkendara dengan bijak

Ketika berkendara di jalan sebaiknya pertahankan kecepatan mobil di tingkat medium, kurangi kecepatan ketika di depan ada hambatan misalnya ketika berjalan di persimpangan, ada tanda berhenti, maupun ada kendaraan lain di depan Anda, dan jangan lupa untuk menjaga jarak dengan kendaraan lain jangan terlalu dekat.

Dengan demikian Anda tidak harus bolak balik menginjak rem secara mendadak dan mengakselerasi gas terlalu sering karena keduanya bisa menyebabkan boros bahan bakar.

  • Rawat juga ban mobil Anda

Faktor lain yang memengaruhi penggunaan bahan bakar pada mobil Anda adalah kondisi ban saat berkendara. Ban dengan tekanan yang kurang akan membuat beban mobil jadi lebih berat sehingga penggunaan energi makin besar.

Ban yang tekanannya kurang, ditambah dengan kondisi mobil diisi penuh dengan penumpang dan juga barang bawaan ketika melakukan perjalanan jauh tentu akan membuat isi tangki bahan bakar lebih cepat habis daripada yang seharusnya.

Selain tekanan ban, perhatikan pula traksinya, ban yang gundul akan terlalu berbahaya untuk digunakan.