5 (Lima) Fitur Mobil Yang Sangat Berguna Saat Hujan Deras

5 (Lima) Fitur Mobil Yang Sangat Berguna Saat Hujan Deras

5 (Lima) Fitur Mobil Yang Sangat Berguna Saat Hujan Deras

Berkendara di saat hujan yang deras harus ekstra hati-hati. Pandangan mata akan terhalang oleh hujan, jalanan yang lebih licin, dan genangan air yang bisa membuat mesin mati atau menutup lubang di jalan adalah beberapa hal yang harus diwaspadai ketika menyetir dalam keadaan hujan.

Untungnya, mobil dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang bisa Anda gunakan untuk berkendara lebih aman saat hujan. Berikut adalah berbagai macam fitur di mobil yang sebaiknya Anda nyalakan atau gunakan saat hujan, menurut Bapak Fathony selaku Deputy General Manager Operational.

  • Wiper 

Wiper adalah fitur mobil yang biasanya paling pertama dinyalakan ketika sedang hujan. Fungsinya adalah untuk menghalau air hujan yang menutupi kaca sehingga mengganggu pandangan.  Kebanyakan model mobil pun menyediakan pengaturan kecepatan wiper yang bisa Anda sesuaikan dengan tingkat intensitas hujannya.

Anda pun juga bisa menggunakan semprotan air untuk membantu membersihkan kotoran yang menempel pada kaca. Oleh karena itu pastikan wiper Anda dalam keadaan yang siap pakai terutama cek pada bagian karetnya apakah masih tebal atau sudah mulai menipis.

  • AC

Biasanya jika hujan deras, kabin mobil jadi berkabut dari dalam sehingga pandangan mata ke luar pun jadi terganggu. Kabut yang menempel pada kaca mobil tidak bisa hanya dilap dengan menggunakan kain, selain juga beresiko jika bolak balik mengelap kabut di kaca pengemudi.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menyalakan AC karena umumnya sistem ventilasi mobil juga memiliki fitur untuk defogging sehingga kabin tidak berkabut. Nyalakan AC pada level terendah jika dirasa udara terlalu dingin.

  • Lampu depan 

Lampu depan adalah fitur yang sangat berguna dinyalakan ketika hujan deras bahkan ketika di siang hari. Ketika hujan deras sehingga membuat pandangan Anda jadi lebih pendek, lampu jarak pendek lebih pas digunakan dibandingkan dengan lampu jarak jauh. Karena cahaya lampu jarak jauh akan dipantulkan kembali ke Anda oleh hujan sehingga bisa mengganggu pandangan mata.

  • Lampu kabut 

Lampu kabut atau fog lamp adalah lampu yang letaknya ada di bagian bawah lampu depan mobil dan memiliki fungsi untuk membantu lampu utama untuk menembus kabut yang tebal sehingga pandangan mata pengemudi tetap baik. Lampu kabut juga bisa dinyalakan saat hujan deras untuk meningkatkan visibilitas.

  • Winter mode 

Biasa disebut juga dengan nama traction control  yang fungsinya adalah untuk memudahkan pengemudi dalam mengendalikan kendaraan ketika digunakan pada jalan yang licin akibat salju maupun hujan. Fitur ini memang didesain secara khusus untuk digunakan saat cuaca bersalju atau hujan sehingga ketika mengerem atau berakselerasi pun mobil tetap terkendali meski jalan licin. Sayangnya, mode ini biasanya hanya ada pada mobil yang premium alias mobil mewah.