5 Kebiasaan Simpel yang Akan Membuat AC Tetap Dingin

5 Kebiasaan Simpel yang Akan Membuat AC Tetap Dingin

Sistem pendingin atau AC (Air Conditioner) sudah menjadi fitur wajib dalam setiap mobil. Selain untuk menyejukkan bagian dalam mobil, AC juga mampu menghilangkan kabut di kaca depan saat hujan turun. Sayangnya, penggunaan sistem pendingin tersebut kadang tidak didampingi dengan pemeliharaan rutin dan menyebabkan gangguan sampai kerusakan saat Anda akan menyalakannya.

Supaya AC mobil Anda dapat berfungsi baik dan tidak mudah rusak, terapkan perawatan sederhana di bawah ini!

  1. Menjaga kebersihan di kabin mobil

Kebersihan kabin akan mempengaruhi performa komponen mobil, termasuk AC. Pastikan tidak ada debu atau kotoran menumpuk di sekitar sistem pendingin atau jok. Jika kotoran masuk ke dalam AC, maka ada kemungkinkan fitur tersebut lebih cepat rusak karena fungsinya terganggu.

  1. Jangan buka jendela saat AC menyala

Berkaitan dengan poin sebelumnya, udara yang masuk dari bagian luar mobil belum tentu bersih. Kalau Anda membuka jendela lebar-lebar saat AC dinyalakan, kotoran yang dibawa udara bakal masuk, lantas merusak performa sistem pendingin.

  1. Hindari merokok saat AC sedang aktif

Kebiasaan buruk yang kerap kali dilakukan penumpang atau pengemudi adalah merokok saat AC dalam mobil menyala. Abu dan asap rokok yang terisap ke dalam sistem pendingin bakal mengganggu kinerja. Anda bisa matikan AC, lalu membuka jendela kalau memang ingin merokok.

  1. Membersihkan kondensor AC mobil

Supaya AC tetap dingin dan berfungsi dengan baik, jangan lupa bersihkan kondensor saat mencuci mobil Anda. Buang kotoran yang berpotensi menyebabkan korosi dan kebocoran, lalu bilas bersih dan pasang kembali di sistem pendingin.

  1. Mencuci dan merawat filter kabin mobil

Kebiasaan selanjutnya yang dapat menunjang kinerja AC adalah membersihkan filter kabin. Hal tersebut bisa dilakukan saat perawatan di tukang servis AC mobil. Bila filter kabin harus diganti, maka jangan ragu melakukannya untuk menjaga performa sistem pendingin.

Demikian lima tip yang dapat Anda lakukan supaya AC bekerja maksimal dan tetap dingin. Semoga bisa bermanfaat bagi kendaraan Anda!