5 Cara Mudah Untuk Membersihkan Ruang Mesin Mobil

5 Cara Mudah Untuk Membersihkan Ruang Mesin Mobil

5 Cara Mudah Untuk Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Agar mesin mobil lebih terawat dan awet, salah satu hal yang harus dilakukan adalah dengan menjaga ruang mesin mobil selalu dalam kondisi bersih. Mungkin, memang tidak semua orang telaten membersihkan bagian ini. Maka, bengkel menjadi tempat paling tempat untuk membersihkan seluruh bagian mobil.

Hanya saja, dibutuhkan dana ekstra untuk itu. Padahal, sebenarnya Anda bisa melakukannya sendiri dengan mudah. Nah, berikut ini tips yang diberikan Bapak Henry King selaku General Manager Business Development PT CentrePark Citra Corpora untuk membersihkan ruang mesin mobil.

  • Cek Kelistrikan Mobil

Untuk menjamin keamanan Anda maupun mesin itu sendiri, pastikan aliran dalam mobil dalam kondisi mati, misalnya dengan mencabut kunci bahkan mencabut koneksi aki (cabut bagian negatif terlebih dahulu baru bagian positif). Sebab, jika aliran listrik belum mati dan terkena cipratan air, sudah bisa dibayangkan apa yang terjadi. Sangat berbahaya. Namun begitu, agar kerak-kerak yang menempel pada mesin mobil mudah terlepas, hangatkan terlebih dahulu mesin mobil (dinyalakan sekitar satu menit).

  • Bungkus Bagian Elektrik Mobil dengan Plastik

Beberapa perangkat elektrik mobil juga harus Anda bungkus dengan plastik atau alumunium foil. Hal ini untuk mengantisipasi agar bagian-bagian tersebut tidak terkena air. Sebab, jika ada air yang masuk ke bagian penting mobil ini, akan terjadi water hammer. Beberapa bagian elektrik mobil tersebut antara lain soket kelistrikan, lubang isap udara, koil, alat sensor, dan yang lainnya.

  • Bersihkan dari Komponen Termudah

Sebagai langkah awal, bersihkan bagian termudah terdahulu, seperti bawah kap mobil dan beberapa bagian lain yang mudah. Setelah itu, bilas dengan air namun jangan menggunakan air bertekanan tinggi agar air tidak menyemprot ke mana-mana. Pastikan tidak ada air sabun yang menyelinap di sela-sela komponen lain karena dapat berakibat karatan dan berisiko terhadap rendahnya kinerja mesin.

  • Semprot dengan Engine Degreaser

Untuk mesin yang terkena noda, semprotkan engine degreaser ke bagian yang terkena noda. Setelah didiamkan sekitar 10 menit, ratakan cairan tersebut ke seluruh bagian mesin mobil. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan kuas atau sikat kecil untuk menyapukan cairan tersebut. Jika tidak mempunyai cairan khusus ini, Anda bisa mencampurkan antara air dengan detergen. Namun, jika Anda menggunakan campuran ini, pastikan cairan harus segera dibilas dan dikeringkan sebelum mengering sendiri karena justru akan menimbulkan kerak yang susah hilang.

  • Lakukan Pembilasan yang Benar

Perlu diingat, membilas engine degreaser tidak boleh menggunakan air yang mengucur deras. Sebab, akan berisiko bagian mesin yang lain terkena cipratan cairan ini. Akan lebih baik jika menggunakan spray sehingga Anda bisa mengatur laju air yang keluar. Pada daerah yang terdapat noda bisa diberi tekanan lebih. Setelah itu, lap dengan kain lembut dan bersih. Anda bisa menggunakan lap dari bahan plas chamois.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ya 🙂