5 (Lima) Cara Melindungi Mobil yang Sering Diparkir di Area Terbuka

5 (Lima) Cara Melindungi Mobil yang Sering Diparkir di Area Terbuka

5 (Lima) Cara Melindungi Mobil yang Sering Diparkir di Area Terbuka

Perubahan cuaca yang kian tak menentu mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali kondisi kendaraan Anda. Mobil-mobil yang sering diparkirkan di area terbuka mempunyai risiko lebih besar karena kontak langsung dengan sinar matahari maupun hujan deras.

Untuk melindungi kendaraan Anda, Bapak Endro Kiswanto selaku General Manager Operational cabang Jabodetabek membagikan lima cara berikut yang bisa Anda terapkan.

1.Proteksi cat eksterior secara berkala

Eksterior mobil menjadi bagian yang akan langsung mengalami dampak paparan sinar ultraviolet maupun percikan air hujan. Tanpa perlindungan maksimal, warna cat akan cepat memudar yang kadang diiringi kemunculan retakan hingga pengelupasan lapisan. Segera lakukan pencegahan dengan memberi proteksi rutin minimal tiga bulan sekali. Lapisan ekstra yang diberikan akan membuat eksterior mobil tahan akan panas maupun basah, sehingga nilai estetiknya bertahan lebih lama.

2. Redam sinar UV dengan kaca film

Bukan hanya eksterior, interior mobil juga tak lepas dari dampak buruk perubahan cuaca. Bagian dalam yang terekspos sinar ultraviolet dari matahari dalam jangka waktu lama akan membuat lapisan dasbor dan jok pecah-pecah. Sebagai antisipasi, lapisi jendela-jendela mobil menggunakan kaca film yang akan mereduksi panas berlebih ke interior mobil. Jangan lupa berikan celah sebesar satu ruas jari agar udara panas tidak terperangkap di dalam mobil yang diparkirkan di luar ruangan.

3. Hindari penggunaan silikon

Beberapa material juga berisiko merusak eksterior dan interior kendaraan, salah satunya silikon. Mengapa? Hal ini disebabkan silikon disusun dari bahan dasar berupa oli yang sayangnya kurang mampu menahan suhu atau temperatur tinggi saat dijadikan sebagai pelindung kendaraan.

Lantas penggunaan silikon dalam jangka waktu lama berpotensi merusak cat luar mobil. Terutama bila bahan utama cat mobil adalah polyurethane (PU)

4. Perawatan terhadap ban mobil

Ban sebagai komponen penggerak mobil juga wajib Anda perhatikan apabila kendaraan sering kali diparkir di area terbuka. Untuk mencegah retak-retak dan pecahan pada permukaan ban mobil, lapisi permukaannya dengan semir khusus secara berkala.

Gunakan semir yang memakai material water-based untuk memberikan proteksi maksimal pada mobil. Rotasi ban juga diperlukan agar tidak cepat diganti atau diservis berulang kali

5. Pemeliharaan komponen interior

Kembali ke interior mobil, pastikan Anda melakukan pemeliharaan rutin terhadap komponen pada kabin. Misalnya dengan melapisi permukaan dasbor dengan cairan pelindung khusus.

Aplikasikan hal serupa pada jok berbahan dasar kulit dengan losion khusus. Langkah-langkah tersebut dinilai efektif mencegah kerusakan pada bagian dalam mobil. Periksa juga karet-karet yang terdapat pada jendela maupun pintu mobil. Berikan rubber treatment untuk menghindari getas.

Semoga bermanfaat tip dari kami membantu melindungi mobil Anda dari ancaman kerusakan jika sering parkir di area terbuka!