5 Alasan Utama Mengapa Kendaraan Mobil Anda Mudah Rusak

5 Alasan Utama Mengapa Kendaraan Mobil Anda Mudah Rusak

Harus diakui bahwa perawatan sebuah mobil jauh lebih kompleks dan intens karena adanya banyak komponen serta mesin penting. Sangat berbahaya apabila Anda mengabaikan mengenai hal tersebut, misalnya saja ada perangkat yang berkarat, ban aus, terjadi kebocoran, dan sebagainya.

Mobil rusak memang tidak bisa dihindari, namun masih bisa dicegah yaitu dengan cara merawat dan menjaga peformanya agar tetap bagus dan tahan lama.

5 Penyebab Mobil Rusak

Ada banyak sekali alasan yang menyebabkan mobil rusak, entah disengaja ataupun tidak. Misalnya saja karena proses penggunaan yang kurang wajar atau terlalu keras sehingga tidak memperdulikan kondisi mesin. Atau bisa juga diakibatkan oleh faktor lain seperti banjir, jalan rusak, kebocoran, kehabisan aki, dan masih banyak lagi. Nah, berikut ini ada lima jenis penyebab mobil rusak yang biasa terjadi:

1.Masalah pada Aki

Ini merupakan permasalahan yang sering dialami oleh sebagian besar masyarakat pengguna kendaraan roda empat. Kalau tidak aki nya telah habis maka terjadi gangguan pada tegangan arusnya. Hal ini membuat mobil terkadang sulit dihidupkan, sering mati mendadak, atau bahkan mogok.

2.Kompresi Silinder Rendah

Apabila Anda mengalami hal ini maka akibatnya mesin akan sulit sekali dihidupkan meskipun dalam keadaan panas atau sudah digunakan sebelumnya. Selain karena kompresi silinder rendah, terdapat beberapa faktor penyebab lain yaitu injektor atau saringan udara yang kotor.

3.Water Hammer Bermasalah

Water hammer atau ruang bakar sering mengalami trouble, terutama saat kemasukan air yang bisa membuat mobil rusak. Air tersebut akan memenuhi ruang bakar dan memicu gangguan pada komponen paling lemah yaitu piston. Jadi Anda sebaiknya lebih hati-hati ketika melewati daerah banjir atau jalanan dengan kubangan air cukup dalam.

4.Inlet Manifold Bocor

Apabila mobil mengeluarkan suara mendesis maka segera bawa ke bengkel atau matikan dan cek pada bagian inlet manifold. Inilah yang menyebabkan kerusakan tersebut sehingga mobil terasa kurang nyaman ketika dipakai. Jika dibiarkan maka akibatnya juga sangat fatal karena bisa melebar dan mengganggu kerja komponen mesin lain.

5.Terlalu Panas atau Overheat

Overheat adalah kondisi dimana mesin mengalami kenaikan suhu yang sangat drastis dan menyebabkan kerusakan fatal pada mobil. Sebaiknya langsung hentikan dan matikan mesin mobil rusak tersebut agar suhunya bisa berkurang.

Itulah beberapa penyebab mobil rusak yang umumnya dialami sebagian besar masyarakat. Apabila Anda mengalami salah satu gangguan di atas maka segera memanggil tukang bengkel kendaraan untuk memperbaikinya.

Jika sama sekali tidak mengerti tentang mesin maka segera berhenti dan jangan nekat memaksanya tetap berjalan. Hal ini bertujuan menghindari timbulnya resiko yang lebih besar, misalnya saja mobil meledak karena overheat atau dipaksakan kerja mesinnya.