5 Alasan Bahaya Mengenakan Earphone Saat Berkendara

5 Alasan Bahaya Mengenakan Earphone Saat Berkendara

5 Alasan Bahaya Mengenakan Earphone Saat Berkendara

Earphone adalah aksesoris gadget yang digunakan untuk mendengarkan audio yang dikeluarkan dari handphone atau dari pemutar musik lainnya. Banyak orang yang tidak bisa hidup tenang tanpa musik, bahkan saking sukanya dengan musik, earphone pun tetap dikenakan saat berkendara baik motor maupun ketika mengemudikan mobil.

Kecuali bagi Anda yang menggunakan earphone sebagai alat bantu pendengaran, berikut ini adalah bahayanya menggunakan earphone ketika berkendara.

1.             Pengalih perhatian

Menggunakan earphoneearbuds, atau alat bantu dengar lainnya sudah terbukti bisa meningkatkan tingkat pengalihan perhatian bagi seseorang meski hanya mengenakan di sebelah telinga saja. Dengan demikian perhatian dan fokus Anda ketika menyetir bisa terganggu karena perhatian Anda tertuju pada suara yang dikeluarkan dari earphone.

2.             Memblokir pendengaran Anda

Mengenakan satu buah saja sudah bahaya, apalagi kalau dikenakan pada kedua lubang telinga Anda. Apalagi Anda mengenakan earphone dengan fitur noise cancellation yang bisa memblokir suara yang masuk dari luar. Anda jadi tidak bisa mendengar petunjuk-petunjuk yang terjadi di jalanan misalnya suara klakson kendaraan lainnya.

3.             Mengganggu laju kendaraan darurat

Mendengarkan musik dengan keras menggunakan earphone pada kedua telinga Anda saat berkendara bisa beresiko mengganggu laju kendaraan darurat yang ingin lewat. Anda tidak bisa mendengar suara sirine ambulan atau mobil polisi yang membutuhkan prioritas lalu lintas. Anda tentunya tidak ingin membahayakan orang lain karena kebiasaan buruk Anda ini bukan?

4.             Tidak baik untuk pendengaran

Menggunakan earphone dalam waktu yang lama apalagi dengan volume yang keras bisa memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan pendengaran Anda. Resiko kesehatan yang bisa terjadi adalah menurunnya daya pendengaran, rusaknya gendang telinga, hingga resiko kena setrum ketika earphone yang terbuka kabelnya kena basah keringat.

5.             Kena tilang

Jangan protes kalau ada petugas polisi yang mendenda Anda karena mengenakan earphone saat berkendara. Mengacu pada UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 283, denda yang diberikan maksimal Rp. 750.000 bahkan bisa ditindak pidana dengan hukuman kurungan maksimal selama tiga bulan.

Semoga bermanfaat info dari kami PT. CentrePark Citra Corpora selaku operator parkir terbesar di Indonesia sejak 2009. Silahkan dishare…