Ini Dia 4 Tips Aman Berkendara Selama Masa Pandemi

Ini Dia 4 Tips Aman Berkendara Selama Masa Pandemi

Ini Dia 4 Tips Aman Berkendara Selama Masa Pandemi

Selama masa pandemi, bukan hanya kesehatan tubuh saja yang perlu Anda jaga, tapi juga keselamatan Anda selama berkendara di jalan. Lalu, apa saja ya yang perlu Anda lakukan agar Anda tetap aman dan selamat selama berkendara? Simak 4 tipsnya berikut ini!

  • Pastikan Anda dalam kondisi sehat.

Sebelum bepergian, pastikan bahwa Anda memang dalam kondisi sehat dan fit. Artinya, suhu badan Anda normal dan Anda tidak sedang merasakan berbagai gejala penyakit, terutama gejala Covid-19.

Kalau Anda merasa bahwa kondisi tubuh Anda sedang kurang sehat dan tidak fit, hindari bepergian terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa fokus beristirahat di rumah sampai kondisi Anda sudah kembali pulih. Hindari nekat bepergian saat sedang tidak enak badan karena artinya imun Anda sedang turun dan Anda bisa lebih mudah terserang penyakit.

  • Cek kondisi kendaraan Anda.

Keamanan dan keselamatan Anda juga ditentukan oleh kondisi kendaraan Anda. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa kendaraan Anda tidak bermasalah sebelum Anda bepergian. Bagi Anda yang mengendarai sepeda motor, Anda juga perlu kenakan perlengkapan berkendara yang lengkap dan benar demi keselamatan Anda di jalan.

  • Selalu kenakan masker ketika berkendara.

Masker adalah salah satu “senjata” penting untuk mencegah dan meminimalisir risiko penularan penyakit, terutama penyakit yang disebabkan oleh virus seperti Covid-19 yang masih menjadi pandemi saat ini. Dan meskipun Anda tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain selama berkendara sekalipun, masker tetap dibutuhkan.

Mengapa? Karena masker juga dapat menyaring udara sehingga polusi dan debu tidak akan ikut masuk ke dalam sistem pernapasan. Karena itu, mengenakan masker jelas sangat penting jika Anda mengendarai motor.

Sedangkan bagi Anda yang mengendarai mobil, selalu pastikan bahwa ada masker di dalam jangkauan sehingga Anda bisa segera memakainya saat Anda harus turun dari mobil.

  • Pastikan ada hand sanitizer dan masker cadangan.

Baik itu yang mengendarai motor atau mobil, selalu pastikan bahwa ada hand sanitizer di dalam jangkauan Anda. Letakkan di dalam jok motor maupun di berbagai tempat di mobil yang mudah dijangkau. Dengan begitu, Anda bisa gunakan hand sanitizer kapanpun saat dibutuhkan.

Selain itu, pastikan pula bahwa Anda membawa masker cadangan, yang Anda bawa di dalam tas atau di dalam mobil. Jadi, jika sewaktu-waktu Anda atau penumpang butuh mengganti masker, sudah ada masker cadangan yang tersedia. Karena ingat, masker sudah harus diganti jika sudah basah atau sudah melebihi durasi pemakaian yang dianjurkan, yaitu sekitar 4 jam.

Itu dia 4 tips berkendara aman dan selamat selama masa pandemi. Semoga Anda sehat selalu!