4 Poin Penting jika Berkendara bersama Anak-anak

4 Poin Penting jika Berkendara bersama Anak-anak

4 Poin Penting jika Berkendara bersama Anak-anak

Apa Anda berencana membawa anak saat berkendara? Walaupun mobil yang Anda kemudikan sudah dilengkapi spesifikasi mumpuni, akan lebih baik bila Anda tetap menjaga keamanan dan kenyamanan anak selama berada di perjalanan. Menurut Ibu Janti Rusli, selaku Business Development Director dari PT. CentrePark Citra membagikan beberapa cara sebagai berikut :

  1. Pakai kursi sesuai tinggi anak
    Jika anak Anda masih bayi, maka tempatkan dia pada kursi khusus. Ada dua jenis kursi bayi, yakni yang posisinya menghadap ke depan dan ke belakang. Anak yang belum mencapai usia dua tahun disarankan memakai kursi menghadap belakang untuk menurunkan risiko cedera. Sementara anak berusia 2 sampai 4 tahun dengan berat badan tidak lebih dari 20 kilogram memakai kursi menghadap depan.
  2. Tempatkan kursi di jok belakang
    Sebagian orangtua menempatkan kursi bayi di samping jok supir dengan alasan kemudahan mengamati sang buah hati. Akan tetapi, posisi yang sebenarnya paling dianjurkan adalah kursi atau jok belakang untuk penumpang. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi anak Anda dari benturan atau pecahan kaca bila kecelakaan terjadi.
  3. Periksa seat belt di kursi bayi
    Perhatikan seat belt sabuk pengaman yang ada pada kursi bayi. Pastikan Anda memberiksanya saat membeli kursi tersebut untuk mengetahui penempatannya. Posisi sabuk pengaman ideal untuk kursi bayi adalah tepat di bagian perut. Hindari kursi bayi dengan seat belt yang posisinya mendekati leher, sebab hal tersebut akan membahayakan sistem pernapasan si Kecil.
  4. Sertifikasi uji keamanan di kursi
    Anda tentu tidak ingin anak celaka hanya karena tidak cermat memilih kursi bayi, bukan? Maka, pastikan kursi tersebut telah mendapatkan label sertifikasi uji keamanan. Selain itu, hindari pembelian kursi bekas, apalagi kalau pemiliknya tidak memberi tahu kualitas komponennya. Belilah kursi baru yang mempunyai sertifikat resmi meski harganya mungkin agak mahal.

Terakhir, letakkan barang-barang penting seperti dompet atau tas di kursi belakang; dekat kursi bayi yang anak Anda tempati. Tindakan tersebut bertujuan untuk mengingatkan Anda bahwa ada si Kecil di dalam kendaraan yang perlu dijaga.