4 Langkah Mudah dalam Merawat Mobil Vintage Agar Tahan Lama

4 Langkah Mudah dalam Merawat Mobil Vintage Agar Tahan Lama

Di tengah gempuran kendaraan berteknologi canggih, mobil vintage ternyata masih mengundang atensi publik. Apa Anda salah satu orang yang menyukai atau mengoleksi barang klasik? Mobil vintage mungkin juga menarik perhatian Anda. Lantas yang menjadi pertanyaan, bagaimana perawatannya? Mengingat kini sudah semakin jarang bengkel atau tempat yang menyediakan komponen kendaraan klasik.

Jangan cemas, karena kebiasaan-kebiasaan sederhana sanggup membuat mobil vintage tahan lama dan tidak kalah mengagumkan dari kendaraan modern. Ikuti tips dari kami berikut ini :

  1. Hindari paparan sinar matahari

Menempatkan mobil vintage di bawah sinar matahari langsung akan merusak bodinya. Warna mobil pun akan turut memudar dan peluang korosi bakal semakin besar. Jika Anda memang harus menyimpannya di tempat seperti itu, lindungi dulu mobil dengan cover yang melindungi seluruh bagian kendaraan.

  1. Mengecat ulang mobil vintage

Perawatan selanjutnya yang akan mempertahankan daya pikat mobil klasik adalah cat ulang. Eksterior kendaraan yang tak sekuat dulu harus dilindungi dengan cat yang melindunginya dari sinar matahari, air hujan, hingga cipratan lumpur. Pakailah cat khusus untuk mobil.

  1. Rutin mengganti oli mobil klasik

Oli pun tidak boleh absen dari perhatian. Mengganti oli secara berkala akan mencegah kerusakan mesin mobil klasik yang terus menua. Penggantian oli pun dilakukan lebih sering daripada mobil modern, yakni kalau sudah mencapai 2.500 kilometer.

  1. Percantik penampilan dasbor

Dasbor pada mobil klasik rupanya sering bermasalah karena tampak ‘berantakan’. Ada bagian yang telah mengelupas, tergores, atau bahkan rusak. Untuk menutupinya, bersihkan dan poles dasbor supaya tidak terkesan kusam. Pastikan Anda menggunakan warna yang senada dengan dasbor tersebut.

Selain empat langkah sederhana di atas, Anda juga harus rajin melakukan pemeriksaan terhadap mobil vintage. Selain ke bengkel, Anda bisa bertemu komunitas pecinta mobil klasik. Biasanya, sesama pemilik akan bertukar komponen atau kebutuhan lainnya untuk kendaraan mereka. Bukan tidak mungkin Anda juga memperoleh keperluan untuk mobil dari pertemuan ini.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat!