4 Hal Berikut Yang Dapat Memengaruhi Performa Ban Mobil Anda

4 Hal Berikut Yang Dapat Memengaruhi Performa Ban Mobil Anda

4 Hal Berikut Yang Dapat Memengaruhi Performa Ban Mobil Anda

Setiap komponen pada sebuah mobil memiliki peran yang penting untuk menjaga performa dari mobil tersebut. Ada komponen yang ketika dalam kondisi tidak optimal masih bisa dikompromi dan ditunda perbaikannya.

Tapi ada juga komponen yang vital yang jika kondisinya tidak prima bisa mengganggu performa mobil bahkan membahayakan keselamatan orang. Ban mobil adalah salah satu komponen mobil yang tidak bisa dikompromi kondisinya.

Jika sudah terlihat ada tanda-tanda aus atau tidak optimal maka harus segera ditindaklanjuti karena bisa berbahaya jika dibiarkan. Berikut adalah hal-hal yang bisa memengaruhi performa ban mobil dan patut untuk selalu Anda perhatikan.

  • Tekanan udara

Tekanan udara pada ban mobil adalah faktor yang sangat penting terhadap performa ban. Ban yang memiliki kekurangan 10 psi di bawah tekanan yang direkomendasikan bisa menyebabkan kerusakan pada ban 20% lebih cepat dari normal.

Menjaga tekanan udara yang seimbang antara ban juga penting karena jika tidak seimbang maka efeknya sama saja dengan berkendara dengan ban yang kekurangan tekanan udara alias kempes.

  • Kapasitas beban kendaraan

Ban mobil adalah komponen mobil yang berfungsi untuk menopang beban bobot kendaraan beserta dengan isinya. Kendaraan yang memiliki kelebihan muatan maka akan membuat ban menopang beban lebih dari yang direkomendasikan jadi sebaiknya Anda ketahui beban maksimal yang bisa ditopang oleh ban Anda atau gunakan kendaraan untuk muatan yang sewajarnya. Selain bisa memengaruhi performa ban, kendaraan

  • Kecepatan dan suhu

Selain kapasitas berat beban muatan kendaraan, kecepatan kendaraan dan juga suhu ban juga akan memengaruhi performa dari ban. Ban yang digunakan untuk kecepatan di luar batas maksimal kemampuannya akan lebih cepat aus dan tipis.

Sedangkan terlalu sering berakselerasi dari kecepatan O langsung ke kecepatan yang tinggi, berkendara dalam kecepatan yang tinggi di atas jalan beraspal yang halus, ditambah dengan serat ban yang menipis bisa membuat ban naik suhunya dengan lebih cepat.

Suhu ban yang terlalu tinggi bisa beresiko membuat ban makin tipis atau ban pecah yang tentu berbahaya bagi kendaraan dan orang.

  • Keseimbangan kaki-kaki

Hal lain yang kadang luput dari perhatian pemilik kendaraan padahal bisa memengaruhi performa dari ban adalah keseimbangan pada kaki-kaki kendaraan.

Kaki-kaki mobil yang kurang seimbang akan membuat salah satu atau sebagian ban harus menopang beban yang lebih berat dibandingkan dengan ban lainnya. Hal ini menyebabkan ban tersebut lebih cepat aus daripada ban yang lain.

Padahal jika kondisi ban yang satu lebih bagus sementara yang lain sudah lebih lama digunakan dan mulai aus, keseimbangan performa ban juga terganggu.

Terlebih jika mobil baru saja mengalami kecelakaan dan benturannya cukup keras sebaiknya mintakan pada montir profesional untuk mengecek kondisi kaki-kaki mobil Anda.