4 (Empat) Sikap Yang Sebaiknya Anda Lakukan Saat Menghadapi Kecelakaan

4 (Empat) Sikap Yang Sebaiknya Anda Lakukan Saat Menghadapi Kecelakaan

4 (Empat) Sikap Yang Sebaiknya Anda Lakukan Saat Menghadapi Kecelakaan

Seperti halnya bencana alam, kecelakaan lalu lintas di jalan raya kerap tak dapat diprediksi. Kasus-kasus yang terjadi tak jarang melibatkan para pengendara yang sebenarnya sudah melakukan persiapan sebaik mungkin. Tentu hal ini merepotkan dan merugikan banyak pihak mengingat mungkin saja ada beberapa halpenting yang harus tertunda.

Sebagai bentuk antisipasi, Bapak Henry King selaku Vice Presideng Smartparking & Technology menyarankan para pemilik kendaraan untuk mengetahui sikap saat mereka berhadapan dengan kejadian kurang menyenangkan saat mereka berkendara. Berikut 4 (empat) sikap yang sebaiknya Anda ambil saat mendapat kecelakaan lalu lintas.

  1. Menjaga ucapan dan emosi

Berada dalam situasi mengejutkan dan nyaris merenggut nyawa pastinya akan membuat emosi jadi berantakan. Akibatnya, Anda sukar mengontrol sikap maupun ucapan yang terlontar dari dalam mulut. Walau terdengar sulit, alangkah baiknya Anda menenangkan diri terlebih dahulu. Kemudian, jangan buru-buru mengatakan maaf, karena kata ini kerap membuat seseorang dianggap sebagai pelaku utama. Cukup perlihatkan sikap sopan dan kooperatif saat diminta membantu agar masalah cepat selesai.

  1. Jangan ragu untuk negosiasi

Meminta melupakan kecelakaan yang baru terjadi sering diambil, terutama oleh orang yang jelas-jelas menimbulkan masalah. Negosiasi dalam situasi seperti ini memang rumit, tetapi jangan sampai Anda menyepakati keinginan pelaku untuk tidak membawanya ke ranah hukum. Jika kecelakaan cukup parah sampai melibatkan pelanggaran, Anda berhak mengadukannya ke pihak berwajib. Di sisi lain, pastikan juga Anda punya bukti dan dokumen lengkap seperti surat berkendara untuk melancarkannya. 

  1. Jangan cepat menarik kesimpulan

Respons lain yang sebaiknya Anda hindari adalah tidak mengucapkan saya tidak apa-apa, sementara tubuh Anda cedera atau hingga mengalami luka parah. Jika kecelakaan menimbulkan luka fisik yang tak bisa ditangani sendiri, sebaiknya Anda tunggu dulu paramedis datang dan menanganinya. Selain itu, ucapan saya tidak apa-apa malah membuat pelaku lepas dari tanggung jawab. Apalagi kalau kerusakan yang Anda hadapi membuat kendaraan ikut rusak dan mengakibatkan kerugian besar.

  1. Menyimpan nomor-nomor darurat

Terakhir, kalau posisi Anda adalah saksi kejadian, segera hubungi ambulans atau kepolisian agar kecelakaan cepat ditangani. Dalam hal ini, kami juga menganjurkan Anda untuk senantiasa menyimpan nomor-nomor darurat di kontak ponsel, sehingga Anda bisa langsung menghubungi pihak terkait. Kemudian, jangan lakukan penyelamatan yang berisiko membahayakan korban sebelum paramedis datang.

Siapa pun tentunya tak ingin mengalami hal-hal buruk saat berada di tengah perjalanan. Namun, tak ada salahnya Anda melakukan persiapan seoptimal mungkin, bahkan untuk menghadapi kecelakaan lalu lintas. Pastikan juga Anda selalu mematuhi aturan atau rambu, karena sebagian besar kecelakaan yang berlangsung di jalan raya terjadi akibat kelalaian dari pengemudi kendaraan. Safety driving!