3 Tindakan Tepat Saat Ban Pecah di Jalan Tol

3 Tindakan Tepat Saat Ban Pecah di Jalan Tol

3 Tindakan Tepat saat Ban Pecah di Jalan Tol

Ban mobil pecah adalah salah satu pemicu utama kecelakaan yang terjadi di jalan tol selain rem blong dan mengantuk. Kurangnya tekanan air, tambalan tidak tepat, dan ban kedaluwarsa merupakan salah tiga penyebab pecahnya ban. Karena dapat berakibat fatal, sebagai pengendara, Anda harus tahu cara-cara menangani ban yang mendadak pecah di jalan tol, berikut tips dari kami PT. CentrePark Citra Corpora seperti yang dijelaskan berikut ini:

1.Tidak panik dan tetap bersikap tenang

Peristiwa ban termasuk peristiwa yang sulit diprediksi. Kejadiannya berlangsung cepat dan menimbulkan guncangan yang akan membuat siapa pun panik. Namun, Anda diharapkan tetap bersikap tenang saat tiba-tiba mendengar ledakan yang disertai goyangan cepat di tengah perjalanan. Fokuskan perhatian ke depan seraya mengatur napas. Kendalikan mobil Anda sambil memikirkan tindakan apa saja yang bakal diambil begitu Anda menemukan lokasi parkir yang aman.

2. Jangan lepas pedal gas secara mendadak

Tindakan selanjutnya yang perlu Anda hindari saat menyadari ban pecah adalah melepaskan pedal gas secara tiba-tiba. Mengapa demikian? Langkah tersebut akan membuat belakang kendaraan terpelanting atau terasa dibanting ke kanan atau kiri. Kemudian, pengendara yang ada di sekitar Anda akan ikut panik begitu melihat kejadian tersebut. Untuk mengatasinya, tetap pegang erat kemudi, lantas atur kecepatan mobil, dan nyalakan lampu sein kiri supaya Anda dapat menepikan mobil.

3. Lakukan pengereman dengan perlahan

Begitu mobil Anda menepi di ruas kiri jalan dan kecepatannya berkurang, segera lakukan pengereman secara perlahan agar kendaraan tak oleng. Jika sudah terkendali, berhenti dan nyalakan lampu hazard atau darurat. Lantas, Anda keluar dan pasang segitiga pengaman di samping kanan mobil. Minta para penumpang ikut keluar seandainya Anda tidak pergi sendiri untuk menghindari risiko kebakaran. Tunggu 10-15 menit dan bila tidak ada kejadian buruk lain muncul, Anda dapat lakukan penggantian ban.

Itulah tiga cara yang dapat Anda lakukan begitu menyadari ban pecah di jalan tol. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima sebelum bepergian dan bawa selalu perkakas darurat.